Follow our news chanel

Mahasiswa asal Memteng minta pemkab cairkan dana beasiswa

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Mahasiswa asal Kabupaten Mamberamo Tengah (Memteng) yang menuntut ilmu di luar daerah meminta Pemerintah Kabupaten Memteng atau Dinas Pendidikan segera mencairkan dana beasiswa untuk kelancaran studi mereka.

Ketua Tim Lintas Suara Mamteng Bersatu, Nius Yikwa mengatakan, sudah tiga tahun para mahasiswa menempuh pendidikan di luar Papua, namun tidak mendapatkan dana beasiswa dari Pemkab.

“Padahal tahun-tahun sebelumnya dana beasiswa tersebut selalu dikucurkan oleh Dinas Pendidikan Memteng," katanya kepada wartawan di Asrama Mahasiswa dan Pelajar Mamberamo Tengah, Jayapura, Kamis (9/2/2017).

Menurut Yikwa, dana beasiswa tersebut sebenarnya sudah dianggarkan namun hingga kini Kepala Dinas Pendidikan Mamberamo Tengah Umar Pagawak belum menyalurkannya.

"Seharusnya dia (Umar Pagawak-red) mendatangi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di luar Mamteng untuk mencari apakah ada masalah yang dihadapi mereka atau tidak, ini yang harus dilakukan seorang pemimpin," ujarnya.

Ia berpendapat, jabatan seorang kepala dinas bukan sebuah jabatan seumur hidup. Apalagi mahasiswa yang kini sedang menempuh pendidikan nanti juga akan kembali untuk membangun daerahnya.

Loading...
;

"Pasti ada regenerasi dan mereka ini (mahasiswa-red) nanti juga ada yang akan menduduki jabatan tersebut, jadi kami berharap Pemda bisa melihat mahasiswa-mahasiwa yang menjadi tulang punggung Pemda," katanya.

Ditempat sama, Hengki Wanimbo yang kuliah di Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) mengatakan, akibat tidak disalurkan dana beasiswa sebagian besar mahasiswa kesulitan mengikuti ujian praktek dan wisuda.

“Dana sudah dianggarkan namun dana tersebut tidak turun ke mahasiswa, visi misi Pemda adalah kesehatan dan pendidikan namun kenyataannya visi tersebut tidak ditularkan kepada mahasiswa,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top