Follow our news chanel

Mahasiswa eksodus Yalimo sampaikan tuntutan ke pemerintah daerah

Mahasiswa eksodus  Yalimo sampaikan tuntutan ke pemerintah daerah 1 i Papua
Posko yang didirikan mahasiswa eksodus asal Yalimo. Ist

Papua No. 1 News Portal | Jubi
Jayapura, Jubi – Mahasiswa eksodus asal Kabupaten Yalimo menuntut pemerintah daerah setempat untuk memulangkan segera rekan-rekan mereka masih ada di luar tanah Papua.

Tuntutan disampaikan lewat aksi yang digelar pada Selasa (24/0/2019) di depan kantor bupati setempat dan berkeliling ke beberapa titik. Pada aksi yang dimulai skeitar pukul 09.00 waktu Papua itu, mahasiswa meneriakkan yel yel Papua merdeka dan referendum.

Alfons koordinator umum mahasiswa Eksodus asal Yalimo kepada Jubi melalui sambungan telepon mengatakan referendum adalah solusi terakhir bagi bangsa West Papua untuk menentukan nasib sendiri.

Pihaknya menggelar orasi sepanjang jalan, membagikan seruan aksi kepada masyarakat Yalimo. Dia menyebut ribuan massa aksi memenuhi halaman kantor Bupati Yalimo.

“Kami mendesak kepada Pemerintah kabupaten yalimo agar supaya, segera pulangkan kawan-kawan kami yang masih ada di luar Papua itu secepat mungkin dalam waktu dekat,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta Pemerintah Kabupaten Yalimo segera mengadvokasi dan membantu membebaskan aktivis mahasiswa yang ditahan. Selain itu, dia menyatakan mahasiswa dan pelajar Yalimo sangat mendukung pembukaan sidang PBB di Jenewa yang dimulai Senin, 23 September 2019.

“Hidup bersama NKRI maka tidak akan ada keadilan bagi kita orang Papua,” ujarnya.

Loading...
;

Siska Gombo, salah satu mahasiswi eksodus mengatakan pulang Papua, tujuannya adalah penentuan nasib sendiri.

Berikut tuntutan mahasiswa Yalimo kepada Pemkab setempat:

1. Kami Mahasiswa Yalimo mendesak pemerintah daerah segera pulangkan kawan-kawan Mahasiswa/I dan pelajar yang ada di luar Papua ke tanah air.

2. Pemerintah kabupaten Yalimo segera bebaskan Kawan-kawan Ativis Mahasiswa yang diculik dan ditahan di beberapa daerah.

3. Kami mahasiswa desak agar pemerintah segera tarik militer organik maupun non organik dari kabupaten Yalimo.(*)

 

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top