HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Mahasiswa IPMD-MSO tolak kehadiran TNI di Distrik Suru-suru Yahukimo

Linus Bayage, Ketua IPMD-MSO, dan Anggota Yunias Bayage saat memberi keterangan pers di Jayapura, - Jubi/Piter Lokon.
Mahasiswa IPMD-MSO tolak kehadiran TNI di Distrik Suru-suru Yahukimo 1 i Papua
Linus Bayage, Ketua IPMD-MSO, dan Anggota Yunias Bayage saat memberi keterangan pers di Jayapura, – Jubi/Piter Lokon.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ikatan Pelajar Mahasiswa Distrik Musaik, Suru-Suru, Obio (IPMD-MSO) Kabupaten Yahukimo di Kota Studi Jayapura menolak kehadiran Tentara Nasional Indonesia (TNI)  di Distrik Suru-Suru perbatasan antara Kabupaten Asmat, Nduga dan Yahukimo. Mereka beralasan, aparat datang tanpa surat izin oleh kepala Distrik.

“Ada sebanyak 66 orang anggota TNI di Suru-Suru dari bulan kemarin sampai sekarang. Kami tanya atas ijin siapa namun belum ada pembuktian surat ijin kepada kami, mereka hanya bilang mau bangun koramil,” kata Linus Bayage, Ketua IPMD-MSO, Jumat (13/3/2020).

Mahasiswa IPMD-MSO tolak kehadiran TNI di Distrik Suru-suru Yahukimo 2 i Papua

Linus menjelaskan, kehadiran anggota TNI dinilai menjadi ancaman bagi warga. Mereka tak ingin ada konflik yang terjadi seperti di daerah lain seperti Nduga.

“Dengan kehadiran TNI dengan perlengkapan yang lengkap tentu akan hadirkan trauma yang besar. Jadi kami mahasiswa tiga distrik ini dengan tegas menolak kehadiran ini. Kami sudah cek langsung kepada kepala distrik tapi kepala distrik sendiri tidak tau soal kehadiran TNI . Sehingga kami minta atasan untuk menariknya atau harus ada surat izin yang jelas,” katanya.

Sementara, anggota IPMD-MSO, Yunias Bayage menegaskan, mahasiswa sebagai agen perubahan di Suru-Suru, Obio dan Musaik akan bersuara hingga 66 TNI ditarik dan masyarakat aman seperti biasa.

“Kami minta dengan tegas militer ini harus tarik kembali, sejak hadirnya kabupaten hingga sekarang Suru-Suru tidak ada konflik besar bahkan kecil pun. Kehadiran ini justru membuat orang tua kami keluar mengungsi dan merasa tidak nyaman,” kata Bayage.

Loading...
;

Bayage menambahkan, sejauh ini telah melakukan komunikasi dengan keluarga di Yahukimo, dari informamsi yang ia dapatkan katanya, sebagian warga mengungsi ke Obia dan Musaik dari Suru-Suru.(*)

Editor: Edho Sinaga

 

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa