Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Mahasiswa Jayawijaya aksi damai ajukan sejumlah permintaan ke DPRD

Papua wamena
Aksi demo damai mahasiswa dan pelajar di halaman DPRD Jayawijaya. -Jubi/Islami
Papua No.1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Mahasiswa dan pelajar yang tergabung dalam Forum Peduli SDM Jayawijaya, beraksi damai di halaman DPRD Jayawijaya menuntut soal keberpihakan bagi anak daerah dalam menempuh pendidikan yang lebih layak, pada Senin (22/6/2020).

Penanggung jawab aksi, Hengki Hilapok, mengatakan ada lima poin tuntutan yang disampaikan dalam aksi tersebut, yakni pertama mahasiswa asal Jayawijaya harus diprioritaskan mendapat beasiswa dari semester tiga sampai selesai.

“Kedua, anak asli Jayawijaya harus diprioritaskan kuliah di luar negeri setiap kali ada penerimaan. Ketiga, jalur afirmasi pendidikan menegah (ADEM) dianggap selalu tidak ada transparansi dan hanya untuk kepentingan pribadi, sehingga kami mendorong dilakukan secara terbuka dimana yang layak dibantu yang berlatar belakangnya tidak mampu,” katanya.

Mahasiswa Jayawijaya aksi damai ajukan sejumlah permintaan ke DPRD 1 i Papua

Lanjutnya, hal keempat untuk penerimaa IPDN harus diprioritaskan 40 orang dari perwakilan 40 distrik di Jayawijaya. “Serta kelima penerbangan harus dibuka, agar calon mahasiswa maupun pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di luar Wamena, dapat mendaftar di perguruan tinggi sesuai keinginan masing-masing” katanya.

Ketua DPRD Jayawijaya, Matias Tabuni, setelah menerima aspirasi menyampaikan tuntutan para pelajar dan mahasiswa tersebut akan segera dibahas.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Jayawijaya, Waldenhood Sinaga, menyampaikan sebenarnya tuntutan tersebut harusnya ke pemerintah provinsi, Dinas Pendidikan hanya membantu beberapa hal seperti proses masuk di perguruan tinggi negeri.

Mengenai ADEM tingkat SMP ke SMa, kata dia, proses seleksinya dilakukan terbuka dan bisa diakses secara online.

Loading...
;

“Tugas kami hanya membantu dalam hal mengajukan atau meneruskan ke sekolah-sekolah, lalu setelah diteruskan ke orang tua oleh peserta didik, sekolah mengajukan nama dan meneruskannya lagi ke provinsi. Keputusan tergantung provinsi,” katanya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top