HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Mahasiswa KKN USTJ terus dorong masyarakat Koya Koso untuk budidaya ikan lele

Bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa USTJ lakukan sosialisasi penguatan dan peningkatan sektor budidaya ikan lele di kampung Koya Koso, distrik Abepura, kota Jayapura. - Jubi/Agus Pabika
Mahasiswa KKN USTJ terus dorong masyarakat Koya Koso untuk budidaya ikan lele 1 i Papua
Bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa USTJ lakukan sosialisasi penguatan dan peningkatan sektor budidaya ikan lele di kampung Koya Koso, distrik Abepura, kota Jayapura. – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sebagai bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa USTJ melakukan sosialisasi penguatan dan peningkatan sektor budidaya ikan lele di kampung Koya Koso, distrik Abepura, kota Jayapura.

Kunjungan mahasiswa KKN USTJ ini dalam rangka studi banding pada kelompok lele Sangkuriang dan ikan nila Hawai, Sentani, Senin (3/2/2020).

Mahasiswa KKN USTJ terus dorong masyarakat Koya Koso untuk budidaya ikan lele 2 i Papua

Ervin, Ketua panitia KKN USTJ kelompok II mengatakan tujuan kegiatan guna memberikan motivasi dan edukasi kepada kelompok budidaya ikan lele yang ada di kampung Koya Koso terkait cara budidaya ikan lele yang tepat mulai dari persiapan kolam, sumber air, cara penebaran bibit, pemberian pakan, dan cara pemasaran.

“Kegiatan yang dihadiri 14 orang tersebut berjalan  dengan baik. Dengan harapan, sosialisasi ini memberikan satu pengetahuan baru bagi kelompok budidaya ikan yang selama ini kurang paham terutama kelebihan protein dari jenis ikan itu sendiri,” katanya.

Lanjutnya, dari studi banding ini, kelompok budidaya ikan lele di kampung Koya Koso salah memberikan pakan.

“Dari hasil sosialisasi kami mereka jadi mengerti bahwa pakan yang selama ini diberikan kurang tepat karena ikan lele membutuhkan protein yang lebih tinggi sedangkan yang selama ini diberikan yaitu pakan mujair yang memiliki protein rendah akibatnya lele memiliki masa panen yang sangat lama. Pakan yang seharusnya diberikan adalah pakan lele jenis LP yang  berprotein tinggi,” katanya.

Loading...
;

Sementara itu, Joshua, pemilik perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan bibit, yang diundang hadir sebagai pemateri mengatakan, kegiatan ini sangat memotivasi kelompok kecil yang ada di kampung Koya Koso untuk dapat tumbuh lebih besar sehingga bisa memiliki perusahaan sendiri.

“Kelompok budidaya ikan lele Koya Koso, terutama di bidang penyediaan bibit, pakan juga sekaligus kerjasama dalam pemasaran lele dengan perusahaan kami,” kata Joshua.

Ia berharap, kelompok budidaya ikan lele dapat termotivasi untuk membudidaya ikan sehingga membantu pendapatan guna mencukupi kebutuhan sehari-hari. (*)

 

Editor:  Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa