Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Mahasiswa magang di Jubi, Komnas HAM Papua: Pertanyaannya seperti investigasi

Mahasiswa magang dari HI Uncen saat mewawancarai, staf Komnas HAM Ronald Rumbiak, di Kantor Perwakilan Komnas HAM, Senin (21/7/2019) Jubi/Dominggus Mampioper.
Mahasiswa magang di Jubi, Komnas HAM Papua: Pertanyaannya seperti investigasi 1 i Papua
Mahasiswa magang dari HI Uncen saat mewawancarai, staf Komnas HAM Ronald Rumbiak, di Kantor Perwakilan Komnas HAM, Senin (21/7/2019) Jubi/Dominggus Mampioper.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sebanyak empat mahasiswa magang Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) jurusan Hubungan Internasional (HI) melakukan praktik liputan sebagai jurnalis di Kantor Perwakilan Komnas HAM Papua.

Karolus Kbarek satu diantara mahasiswa magang bersama rekan-rekannya melakukan wawancara langsung dengan staf Komnas HAM, Ronald Rumbiak seputar kegiatan dan laporan pelanggaran HAM berat di Papua termasuk laporan perkembangan terakhir kasus Paniai berdarah 2014.

“Kasus-kasus pelanggaran HAM berat di Papua sampai saat ini belum semuanya tuntas termasuk kasus Paniai berdarah. Kami harapkan dalam periode kedua Presiden Jokowi semuanya akan dituntaskan terutama kasus Paniai berdarah,” kata Rumbiak saat rombongan mahasiswa magang berkunjung ke Kantor Perwakilan KOmnas HAM Papua, Senin (22/7/2019) siang.

Dia menambahkan pertanyaan yang diberikan para mahasiswa magang ini, terlihat seperti jurnalis yang akan melakukan investigasi masalah –masalah HAM.

“Tetapi saya sangat senang dengan adanya magang dan pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa magang di Kantor Koran Jubi dan jubi.co.id,” katanya seraya menambahkan minimal pasti ada wartawan baru dari mahasiswa magang ini.

Selain ke Kantor Perwakilan Komnas HAM Papua, pada Jumat (19/7/2019) mahasiswa magang juga berkunjung ke Kantor Konsul Papua New Guinea di Entrop Kota Jayapura.

Loading...
;

“Hanya saja Konsul PNG ada keluar dan tidak ada di kantor, “ kata Kbarek saat berkunjung dan diterima petugas di Konsul PNG.

Namun Kbarek bersama rekan-rekannya tidak putus asa untuk kembali berkunjung lagi kalau Konsul PNG sudah berada di tempat tugas.

Sejumlah kegiatan dilakukan oleh mahasiswa magang tersebut. Pengenalan akan materi liputan, hingga hal-hal teknis peliputan juga diberikan oleh sejumlah wartawan serta redaktur di Jubi.

Reporter Jubi Agus Pabika memberikan materi tentang foto-foto jurnalistik sedangkan Yulan jurnalis BBC Indonesia dan juga redaktur Jubi membagi pengalaman suka duka menjadi wartawan saat pertama kali bekerja di Jakarta di Harian Sinar Harapan.

Lain lagi Timo Marthin. Redaktur yang dijuluki “polisi bahasa” ini berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menulis opini di Koran Jubi.

Tujuan magang bagi mahasiswa FISIP Uncen khususnya jurusan Hubungan Internasional kata Ketua Panitia Magang Fisip Uncen jurusan Hubungan Internasional, Melpayanti Sinaga, agar mahasiswa bisa mengenal dunia kerja khususnya jurnalis di Koran Jubi.

Sejak pertama kali magang di Kantor Jubi, pada 2 Juli  hingga 12 Agustus 2019, mahasiswa diberi bekal dan pengetahuan tentang latar belakang Jubi membagi rubrik wilayah adat termasuk kawasan Pasifik dalam laporan khusus di Koran Jubi.

Menurut Melpayanti Sinaga setiap tahun mahasiswa jurusan Hubungan Internasional, FISIP Uncen melakukan kegiatan magang di instansi-instansi yang sudah mengadakan kerja sama termasuk Koran Jubi dan jubi.co.id

Selain instansi di Papua lanjut Sinaga, ada beberapa mahasiswa yang melakukan magang juga di Jakarta kuhsusnya di Kementerian Luar Negeri, Kemenpolhukam, dan United Nation atau Perwakilan PBB di Indonesia.

Sedangkan, tempat magang mahasiwa meliputi PT Jubi Papua, BPKLN, BNN, Imigrasi, Komnas HAM, WVI, Jerat, SKPKC, Ombudsman, WWF, PT PPMA, ALDP, KIPRA, ALBN, Kantor Hukum dan HAM, dan DPRD Kabupaten Biak Numfor.(*)

Editor: Edho Sinaga

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top