HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Mahasiswa asal Merauke sulit mencari makan dan tak punya sambungan internet

papua
Foto ilustrasi kampanye pembatasan sosial. - pixabay.com
Mahasiswa asal Merauke sulit mencari makan dan tak punya sambungan internet 1 i Papua
Foto ilustrasi kampanye pembatasan sosial. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Para penghuni Asrama Mahasiswa Merauke di Kota Studi Jayapura, Makassar, dan Yogyakarta mengeluh telah terdampak kebijakan pembatasan sosial yang diberlakuakan pemerintah. Selain kesulitan mencari makanan atau mendapatkan bahan makanan, para mahasiswa juga mengeluh tidak bisa mengikuti perkuliahan secara daring, karena tidak memiliki sambungan internet.

Ketua Ikatan Mahasiswa Merauke Kota Studi Jayapura, Elias Ndiwaen Mahuze mengatakan 35 mahasiswa dan 20 mahasiswi asal Merauke yang tinggal di Asrama Mahasiswa Merauke Kota Studi  Jayapura kesulitan mencari makanan dan kekurangan bahan makanan. Mahuze menyatakan kesulitan serupa juga dialami para mahasiswa asal Merauke yang tinggal di luar asrama.

Mahasiswa asal Merauke sulit mencari makan dan tak punya sambungan internet 2 i Papua

“Kami kesulitan untuk mendapatkan pelindung diri berupa masker, hand sanitizer, serta makanan dan minuman. Untuk keluar dari asrama, kami mengutus perwakilan dari kamar atau unit untuk beli bahan makan di depan. Kami harap pemerintah harus jeli dengan kondisi itu,” katanya.

Mahuze mengatakan, jumlah Pasien covid-19 terus bertambah setiap saat, sehingga mahasiswa semakin takut untuk keluar dari tempat tinggal. “Kami berinteraksi dengan masyarakat di lingkungan sekitar tanpa alat pelindung yang memadai. Padahal kami ingin keluar untuk membeli bahan makanan, minum, dan pelindung diri agar bisa terhindar dari Covid-19,” katanya.

Menurut Mahuze, para mahasiswa Merauke di Jayapura telah dianjurkan mengikuti perkuliahan secara daring, karena semua aktivitas perkuliahan di kampung dihentikan. Para anak Asrama Mahasiswa Merauke di Kota Jayapura tidak bisa mengikuti kuliah daring itu, karena tidak memiliki sambungan internet yang memadai.

“Melihat dan mengalami situasi sulit ini, kami meminta Pemerintah Kabupaten Merauke memfasilitasi pembiayaan kehidupan sehari-hari para mahasiswa, menyediakan alat pelindung diri berupa masker dan hand sanitizer, serta menyediakan jaringan internet yang memadai di seluruh kota studi yang telah terpapar pandemi Covid-19,” kata Mahuze.

Loading...
;

Ketua Ikatan Mahasiswa Merauke Kota Studi Yogyakarta, Gervasius SA Kua mengatakan 15 mahasiswa di Asrama Mahasiswa Merauke di Yogyakarta juga kesulitan mengikuti perkuliahan secara daring, karena asrama tidak memiliki sambungan internet yang memadai. Menurutnya, kesulitan serupa juga dialami para mahasiswa asal Merauke yang tinggal di luar asrama.

“Asrama Mahasiswa Merauke di Yogyakarta sedang direnovasi. Belum ada fasilitas [sambungan internet]. Belum ada bantuan khusus bagi para Asrama Mahasiswa Merauke di Yogyakarta,” kata Kua.

Kua mengatakan Pemerintah Kabupaten Merauke harus mengecek kondisi para mahasiswa asal Merauke yang berada di berbagai kota studi yang terpapar pandemi Covid-19. “Kami mengharapkan bantuan pendidikan untuk keperluan sehari-hari, [karena] aktivitas perkuliahan beralih ke metode online. Kami juga menunggu bantuan operasional asrama untuk dipergunakan dalam menanggani wabah ini,” kata Kua.

Ketua Asrama Mahasiswa Merauke Kota Studi Makassar, Rafael Kumba menyatakan kesulitan serupa juga dialami sembilan penghuni asrama dan tujuh mahasiswa asal Merauke yang tinggal di luar asrama. Kumba menyatakan telah melaporkan situasi itu kepada Pemerintah Kabupaten Merauke, namun belum mendapatkan tanggapan dari Bupati Merauke maupun Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Merauke. “Kami mendesak agar pemerintah cepat [merespon], jangan sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan bersama,” kata Kumba.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top