HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Mahasiswa Papua di AS dan Kanada menunggak sewa apartemen dan SPP

Foto ilustrasi, beasiswa pendidikan. - pixabay.com
Foto ilustrasi, beasiswa pendidikan. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi โ€“ Para mahasiswa Papua yang berkuliah di Amerika Serikat dan Kanada menunggak pembayaran sewa apartemen serta biaya kuliah dan buku. Tunggakan itu terjadi karena para mahasiswa Papua belum menerima kiriman beasiswa dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BPSDM Papua.

Ketua Ikatan Mahasiswa Papua di Amerika Serikat (AS) dan Kanada,ย Manuel Heselo menyatakan para mahasiswa Papua di AS dan Kanada belum menerima kiriman beasiswa periode Januari dan Februari 2020. “Beberapa teman kami akan diusir dari apartemen, karena mereka belum membayar sewa apartemen. Mereka sudah menerima surat peringatan,” kata Heselo saat dihubungi Jubi melalui sambungan telepon, Selasa (4/2/2020).

Keterlambatan pengiriman beasiswa itu juga membuat para mahasiswa Papua tidak bisa berkuliah dengan baik. “Teman-teman tidak bisa membeli buku dan akses kelas lainnya. Karena keterlambatan itu kami kesulitan untuk membeli peralatan kuliah, dan tidak punya biaya hidup, makan-minum, serta membayar kuliah. Kami telah menerima tagihan dan surat peringatan dari pihak perguruan tinggi,” kata Heselo.

Menurutnya, Badan Pengurus Ikatan Mahasiswa Papua di AS dan Kanada sudah menanyakan hal itu kepada Pemerintah Provinsi Papua. “Kami tidak dapat kejelasan dari pemerintah tentang kapan mereka akan proses uang akomodasi kami. Mereka tidak bilang, meski kami [sudah] mengirimkan email dan WA ke pemerintah,” kayanya.

Menurut Heselo, Pemerintah Provinsi Papua biasanya telah mengirimkan uang beasiswa bulanan pada awal bulan bersangkutan, atau bahkan pada akhir bulan sebelumnya. Akan tetapi, sejak akhir Desember hingga Selasa, para mahasiswa Papua itu belum menerima uang kiriman mereka.

Heselo menduga keterlambatan pembayaran beasiswa periode Januari dan Februari 2020 itu terkait dengan proses peralihan kepemimpinan 35 Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Papua. “Pelantikan itu membuat Pemerintah Papua tidak cepat kirim uang saku [seperti] sebelumnya” katanya.

Loading...
;

Haselo meminta Pemerintah Provinsi Papua segera mengirimkan beasiswa periode Januari dan Februari 2020. Heselo menyatakan ia menerima informasi bahwa keterlambatan pengiriman beasiswa juga dialami mahasiswa Papua di Australia, Selandia Baru, dan Eropa. “[Kami] harapkan pemerintah segera mengatasi kendala mahasiswa Papua yang sedang mengenyam pendidikan ini,” katanya.

Secara terpisah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua, Nioluen Kotouki berharap Pemerintah Provinsi Papua segera merespon kendala mahasiswa Papua yang berada di luar negeri. “Sangat disayangkan apabila mereka diusir atau tunggakan di kampusnya bertambah, hingga mereka tidak kuliah. Jangan membiarkan mahasiswa terlantar, sebab mereka penerus bangsa Papua,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

 

 

 

 

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa