Mahasiswa Politeknik Yasanto olah ampas sagu jadi pakan ternak

Direktrur Politeknik Pertanian Yasanto Merauke, Beatrix Rahawarin – Jubi/Frans L Kobun
Mahasiswa Politeknik Yasanto olah ampas sagu jadi pakan ternak 1 i Papua
Direktrur Politeknik Pertanian Yasanto Merauke, Beatrix Rahawarin – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Sejak tahun 2015, Politeknik Pertanian Yayasan Santo Antonius (Yasanto) Merauke mendorong pertanian basic organic. Salah satunya adalah memanfaatkan ampas sagu yang diambil dari Kampung Tambat, Distrik Tanah Miring.

Direktrur Politeknik Pertanian Yasanto Merauke, Beatrix Rahawarin, kepada Jubi, Rabu (30/10/2019), mengungkapkan pengolahan ampas sagu itu dilakukan mahasiswa yang dibimbing dosen.

“Setiap dua minggu sekali dengan menggunakan truk, mahasiswa datang di Kampung Tambat  untuk mengambil ampas sagu untuk diolah menjadi pakan ternak,” ungkapnya.

Pakan ternak tersebut, dapat dimanfaatkan untuk makanan sapi, babi, maupun ayam. Pengolahannya dengan menggunakan batang pisang, ampas jagung, menir, serta MM4.

Khusus pakan ternak babi, jelas dia, ampas sagu dicampur dengan batang pisang setelah dicincang terlebih dahulu.

Sejauh ini belum ada peralatan memadai, termasuk untuk mencincang batang pisang. Termasuk peralatan berupa bak penampungan. Hanya dengan menggali lubang dan menutup terpal bahan-bahan yang telah dicampur itu difermentasi.

Loading...
;

Pola kerja sederhana tersebut tidak lain bertujuan agar para mahasiswa lebih cepat memahami. Juga masyarakat yang ingin belajar, tidak mengalami kesulitan.

“Kami belum membuat dalam bentuk kemasan untuk dijual. Pakan ternak yang diproduksi, hanya untuk ternak yang dipelihara di Yasanto, baik sapi, babi, maupun ayam,” katanya.

Kepala BPKM Yasanto, Leonardus Mahuze, membenarkan kalau salah satu kegiatan yang dilaksanakan di Politeknik Pertanian Yasanto adalah pengolahan pakan ternak.

Kegiatan dimaksud sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir. Manfaatnya sangat besar, karena secara tidak langsung dapat melatih para mahasiswa. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top