Follow our news chanel

Previous
Next

Mahfud janjikan penyelesaian komprehensif bagi Papua

Menkopolhukam Mahfud MD saat berbicara pada diskusi, 'Ngobrol Santai Bareng Media', Jakarta, Kamis (26/12/2019) - Antara/Zuhdiar Laeis
Mahfud janjikan penyelesaian komprehensif bagi Papua 1 i Papua
Menkopolhukam Mahfud MD saat berbicara pada diskusi, ‘Ngobrol Santai bareng Media’, Jakarta, Kamis (26/12/2019) – Antara/Zuhdiar Laeis.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memastikan persoalan di Papua akan diselesaikan secara komprehensif dengan pendekatan dari berbagai aspek. Hal tersebut disampaikannya saat diskusi, ‘Ngobrol Santai bareng Media’ di Bakso Boedjangan, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

“Kami melakukan penekanan yang disampaikan Presiden Joko Widodo, pemerintah akan melakukan pendekatan komprehensif. Pendekatannya terutama secara ekonomi, kemudian kebudayaan, pendidikan, dan hukum akan lebih disinergikan, apalagi selama ini anggaran besar,” kata Mahfud.

Walaupun demikian, pendekatan keamanan harus tetap dilakukan untuk melindungi rakyat. Menurutnya, tidak mungkin meniadakan personel kepolisian untuk menjamin keamanan.

“Negara seaman seperti New Zealand pun, di mana-mana ada polisi. Masak, lalu tidak boleh menggunakan (pendekatan) keamanan? Bukan negara namanya,” tegas Mahfud.

Mahfud melanjutkan pendekatan keamanan bertujuan untuk kesejahteraan dan melindungi rakyat. Dia juga menegaskan sikap pemerintah terhadap persoalan Papua tetap berdasarkan konsensi internasional.

“Resolusi PBB Nomor 2504 pada 19 November 1969 (menyatakan) bahwa Papua bagian yang sah dari negara Republik Indonesia.  Bahwa (kemudian) timbul gerakan atau separatisme namanya, ya, kita hadapi. Separatis dihadapi sebagai separatis, ‘kan gitu?,” tegas Mahfud.

Loading...
;

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut juga menyinggung perlindungan terhadap masyarakat di tingkat akar rumput. Mereka yang selama ini tidak tahu apa-apa dan kerap dibawa-bawa dalam persoalan, harus mendapat perlindungan hukum dan hak asasi manusia. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top