Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Mahkamah Agung Pakistan batalkan hukuman mati penista agama

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jakarta, Jubi – Mahkamah Agung Pakistan membatalkan hukuman mati terhadap Asia bibi, seoarang wanita yang didakwa penista agama.  Wanita dengan empat anak itu telah hidup di bawah putusan hukuman mati sejak 2010 lalu.

Asia mengajukan banding atas hukuman yang dijatuhkan kepadanya. Kasusnya telah menarik perhatian dan amarah dunia, serta menjadi sumber perpecahan di Pakistan.

"Banding diizinkan. Dia dibebaskan (dari hukuman mati). Putusan Pengadilan Tinggi dan sidang pengadilan ditarik kembali. Hukuman terhadapnya dikesampingkan," kata Hakim Ketua Mahkamah Agung Pakistan, Saqib Nisar, dalam amar putusan, dikutip dari Straits Times, Kamis (1/11/2018).

Partai Islam garis keras Tehreek-e-Labaik (TLP) langsung menyuarakan protes keras setelah putusan tersebut dibacakan. Bahkan, para pendukungnya mendesak agar ketua Mahkamah Agung dan hakim lainnya dibunuh.

"Kepala pendukung TLP, Muhammad Afzal Qadri, mengeluarkan dekrit yang menyatakan bahwa hakim agung dan semua orang yang memerintahkan pembebasan Asia pantas mati," kata juru bicara partai, Ejaz Ashrafi.

Tak hanya itu, pemimpin Partai TLP juga menyerukan pemecatan Perdana Menteri Imran Khan atas kasus ini. Para pendukung partai juga meluncurkan aksi protes di jalanan dengan cara memblokir jalan-jalan di kota besar untuk mengecam putusan itu.

Loading...
;

Sejumlah pemberitaan sebelumnya menyebutkan Asia beradu pendapat dan melontarkan komentar menghina agama Islam, setelah tetangganya keberatan untuk minum dari gelas yang sama dengan alasan bukan sesama pengikut Muslim.

Hukum berlaku di Pakistan menyebutkan menghina Nabi Muhammad dan agama Islam dapat dihukum mati di bawah undang-undang. Tuduhan penodaan agama dapat membangkitkan emosi tiap orang, termasuk puluhan orang yang dituduh menistakan agama terkadang tewas diamuk massa yang emosi. (*)

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top