HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Mahkamah Agung Vanuatu terima 13 sengketa pemilu 2020

Pemilu Vanuatu 2020. - Loop Vanuatu
Pemilu Vanuatu 2020. – Loop Vanuatu

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Sudah ada 13 sengketa atas hasil Pemilu Vanuatu telah diajukan ke Mahkamah Agung negara itu.

Hakim Oliver Saksak, yang memimpin kasus-kasus sengketa pemilu, telah membuka tiga kasus di daerah pemilihan Santo, Port Vila dan Malekula.

Untuk petisi di dapil Port Vila, setelah mendengar gugatan perwakilan hukum dari pemohon, Hakim Saksak memerintahkan pemohon kasus ini, Stephen Dorrick Felix, untuk mengumpulkan pernyataan tersumpah yang baru dalam permohonannya yang ia ubah, sebelum 8 Mei 2020.

Hakim juga memerintahkan termohon dalam kasus ini – semua anggota parlemen (MP) baru di dapil Port Vila, yaitu Ralph Regenvanu, Ishmael Kalsakau, Harry Anthony, Kenneth Natapei, Ulrich Sumptoh, dan Kantor Komisi Pemilihan Umum Vanuatu, untuk menyampaikan tanggapan mereka dan pernyataan sumpah sebelum 22 Mei 2020. Pengadilan akan mendengarkan kembali kasus ini pada 25 Mei.

Untuk sengketa atas dapil Pedesaan Santo, Hakim Saksak memerintahkan agar permohonan pemohon, Livo Mele, dimulai pada 6 Mei 2020. Termohon dalam perkara ini adalah Lulu Sakias, Joshua Leonard Pikioune, Samsen Samson, Alfred Maoh, Fabiano Stevens, Gaetan Pikioune, Rick Tchamako Mahe, Kepala Kantor Komisi Pemilihan Umum, dan Kantor Komisi Pemilihan Umum, semuanya diminta untuk memberikan tanggapan mereka dalam 14 hari. Pengadilan akan membahas kasus ini lagi pada 12 Mei.

Mengenai petisi di dapil Malekula, pengadilan memerintahkan agar Kantor Komisi Pemilihan Umum dan Komisi Pemilihan Umum memberikan kepada pemohon, pengacara Marcelin Abong, akses atas semua surat suara yang digunakan dan yang tidak digunakan dalam pemilihan umum 19 Maret 2020 di dapil Malekula, dan menyiapkannya untuk diperiksa dan disalin sebelum 5 Mei.

Loading...
;

MA belum memulai 10 sengketa lainnya yang diajukan baru-baru ini. (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa