Majelis gereja di Nduga tewas ditembak

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi –  Yulianus Tabuni, warga Mbua yang disebutkan tewas saat proses evakuasi korban insiden Nduga, 2-3 Desember lalu ternyata seorang majelis gereja setempat, tepatnya di Distrik Mbua.

“Benar, Yulianus Tabuni adalah majelis gereja di Mbua Dia bukan anggota kelompok bersenjata. Dia yang biasa mengurus kolekte gereja,” jelas Pendeta Dr. Benny Giay kepada Jubi, Minggu (9/12/2018).

Yulianus, menurut Pendeta Giay, dilaporkan oleh anggota jemaat gereja Kemah Injili (Kingmi) tewas ditembak aparat keamanan dalam gereja saat aparat keamanan sedang melakukan evakuasi korban insiden Nduga Namun belum diketahui apa sebabnya.

Gereja Kingmi sendiri memiliki sekitar 60 ribu umat di Nduga. Mayorutas penduduk Kabupaten Nduga adalah umat Gereja Kingmi.

Tokoh pemuda Papua asal Nduga, Samuel Tabuni sebelumnya mengkonfirmasi adanya empat warga yang tewas di Nduga saat proses evakuasi berjalan. Dua orang warga di Distrik Mbua dan dua lainnya di Yigi tewas ditembak aparat keamanan.

“Satu di Mbua itu paman saya. Dia majelis gereja, namanya Yulianus Tabuni. Ia ditembak tiga hari setelah pristiwa penembakan karyawan PT, Istaka Karya,” kata Samuel.

Loading...
;

Pendeta Benny Giay meminta agar Presiden Joko Widodo memperhatikan perkembangan penyisiran yang dilakukan oleh aparat keamanan (TN/Polri) di Nduga pasca perintah pengejaran kelompok bersenjata yang dikeluarkan oleh presiden.

“Ini menjelang natal. Umat kami ingin menjalankan natal dalam kondisi yang tenang dan damai. Gereja kami juga harus berkunjung ke Nduga, karena sebagian besar penduduk Nduga adalah umat Kingmi, namun belum bisa. Kami hanya mendapatkan laporan dari umat dan pengurus gereja di Mbua, Yall dan Yigi,” ujar Pendeta Benny Giay.

Ia juga berharap akses ke Nduga dibuka bagi pihak-pihak independen untuk melakukan investigasi terhadap peristiwa penembakan karyawan PT. Istaka Karya maupun peristiwa lanjutan pasca insiden yang menewaskan 16 orang karyawan PT. Istaka Karya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top