Malaikat Tabuni minta pemilihan Wagub Papua segera diselesaikan

Tiga kepala suku di Papua
Tiga kepala suku di Papua - Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Asosiasi Kepala Suku 5 Wilayah Adat (Lapago, Meepago, Tabi, Saereri, Animha), Malaikat Alfius Tabuni minta jajaran Partai Koalisi Papua Bangkit jilid 2 segera menuntaskan pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Papua.

Ia mengaku kesal dengan proses yang dilakukan partai koalisi yang masih saja tarik ulur dalam proses pemilihan wagub, padahal saat ini posisi seluruh rakyat Papua sedang menunggu.

“Sangat disayangkan hal ini akhirnya menjadi bola panas antar para elit politik. Padahal partai-partai politik yang tergabung dalam koalisi sudah dibayar lunas,” kata Tabuni di Jayapura, Minggu (22/8/2021).

Ia menegaskan Papua adalah miniaturnya Indonesia. Dengan demikian sudah selayaknya, 29 kabupaten/kota dipimpin oleh seorang gubernur dan wakil gubernur. Tapi nyatanya sampai hari ini masih saja jadi polemik dalam partai koalisi.

“Seharusnya nama-nama calon yang sudah dipilih oleh Gubernur (Papua, Lukas Enembe) bisa segera diproses. Tapi kenapa partai koalisi masih saja mengulur-ulur waktu. Sementara rakyat tahu bagaimana kondisi kesehatan Beliau saat ini,” ujarnya.

Menurut ia, polemik pemilihan wagub membuat rakyat bingung, padahal kondisi Papua hari ini sangat membutuhkan seorang wakil gubernur. Oleh sebab itu, tegas ia, masyarakat Bumi Cenderawasih meminta jajaran partai koalisi segera menuntaskan pemilihan agar kekosongan jabatan wagub bisa segera terisi.

“Saya sampaikan dengan tegas kepada ketua koalisi, kami akan mendatangi kediaman Beliau untuk meminta penjelasan kenapa sampai barang ini belum selesai juga, sebab sangat berpengaruh pada kesehatan bapak Lukas Enembe. Jangan menambah persoalan, kami rakyat menunggu,” katanya.

Loading...
;

Malaikat Tabuni menambahkan jika sudah ada nama calon yang sudah disepakati dan ditandatangi oleh Gubernur Enembe, bisa segera ditindaklanjuti agar pemerintahan bisa berjalan. Apalagi dalam waktu dekat, Bumi Cenderawasih akan ada iven besar.

“Siapapun dia adalah putra terbaik anak bangsa untuk menjawab jeritan seluruh masyarakat Papua,”.

“Jangan stabilitas keamanan ditegakkan, sementara ekonomi kerakyatan morat marit di era pandemi Covid-19. Jadi kami minta dengan hormat kepada partai koalisi segera tuntaskan pemilihan wagub, sebab kalau tidak, kami masyarakat 5 wilayah adat akan mendatangi untuk menanyakan hal itu,” kata Malaikat tegas.

Baca juga: Jabatan Wagub Papua harus terisi paling lambat awal 2022

Sementara, Kepala Suku Meepago, Yohanes Douw, mengatakan seharusnya partai koalisi mempertimbangkan kesehatan Gubernur Lukas Enembe saat ini.

“Maka dari itu, kami mendesak agar proses proses pemilihan wagub dipercepat agar roda pemerintahan bisa berjalan dalam upaya menangani persoalan yang ada,”.

“Kami masyarakat Meepago sangat mengharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama pemilihan wagub bisa selesai. Apalagi kami ketahui sudah ada dua nama yang terpilih, namun belum ada kesepakatan antaran partai koalisi,” kata Douw.

Hal senada dilontarkan Kepala Suku Saereri, Dance Nuboba. Dirinya meminta agar proses pemilihan wagub bisa segera diselesaikan. Jangan sampai terlambat, sebab rakyat Papua tidak bisa lagi menunggu lama.

“Kami harap partai koalisi tidak saling mempertahankan ego dalam hal pemilihan wagub. Partai koalisi tidak boleh mengulur-ulur waktu, jangan bikin susah kami rakyat hanya untuk kepentingan kalian,” tutupnya. (Advetorial)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top