Follow our news chanel

Mama-mama Papua akhirnya bisa mendapatkan modal usaha

Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerjasama dengan Solpap melakukan pendampingan kepada mama-mama Papua membuat kegiatan dengan tema Klasterisasi Pembuatan Makanan Olahan Berbahan Dasar Sagu dan Buah Pinang di pasar mama-mama Papua - Jubi/ Agus Pabika
Mama-mama Papua akhirnya bisa mendapatkan modal usaha 1 i Papua
Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru saat menyapa mama-mama Papua di kegiatan Permodalan Nasional Madani (PNM) yang bekerjasama dengan Solpap  – Jubi/ Agus Pabika

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerjasama dengan Solpap (Solidaritas Pedagang Asli Papua) melakukan pendampingan kepada mama-mama Papua dalam kegiatan yang bertemakan Klasterisasi Pembuatan Makanan Olahan Berbahan Dasar Sagu dan Buah Pinang.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pasar Mama-mama Papua, lantai empat Jayapura kota, dan dihadiri sedikitnya 200 mama-mama Papua yang aktif berjualan di pasar tersebut.

Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk melatih mama-mama Papua agar bisa membuat makanan dari pangan lokal Papua guna meningkatkan perekonomian dan dapat menambah penghasilan.

“Kami harap mama-mama dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan seksama agar mereka bisa tahu bagaimana membuat makanan berbahan lokal seperti sagu menjadi papeda dan buah pinang menjadi jus pinang,” katanya, Kamis (4/7/2019).

Kata Rustan, Pemerintah juga akan membina mama-mama Papua melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Bila mama-mama tekun akan ada permodalan dan pembinaan terutama untuk industri rumahan. Bila dikasih modal minimal ada peningkatan pendapatan sehingga mereka betul-betul sejahtera,” katanya.

Loading...
;

Sementara, Dicky Fadrian Kepala Divisi Bisnis Makanan PNM Daerah Indonesia Timur mengatakan, pihaknya memberikan modal melalui program pengembangan kapasitas usaha melalui pelatihan, agar semua nasabah bisa meningkat kualitas usahanya.

“Baik itu usaha sagu, pinang dan usaha lainnya akan kita beri modal agar pelan-pelan meningkat, jadi pinjaman itu tidak diberi satu dua tahun tapi bisa sampai lima tahun bila mandiri bisa kita lepas,” katanya.

Untuk pinjaman yang diberikan, dana awal per orang Rp2 juta sampai Rp3 juta. Sedangkan kriteria penerima bantuan yakni diwajibkan mama-mama Papua, serta harus berkelompok dengan jumlah tujuh hingga maksimal 20 orang, dengan syarat KTP dan kartu keluarga.

“Ada tiga wilayah yang menjadi perhatian kami, baik itu di Jayapura Utara, Jayapura Selatan dan Sentani dengan jumlah nasabah 3.337 mama-mama dengan 312 kelompok semuanya,” katanya.

PT Permodalan Nasional Madani atau disingkat PNM adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan. Perusahaan ini didirikan bertujuan membantu pengembangan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi.(*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top