HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Mama Papua berjualan di tengah aroma sampah yang menyengat

Pedagang asli Papua berjualan di dekat tumpukan sampah di Pasar Pharaa, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (13/1/2020) – Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi โ€“ Walaupun tahun telah berganti, penanganan sampah tidak kunjung membaik di Pasar Pharaa, Sentani. Kondisinya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan pemantauan Jubi, ย Senin (13/1/2020) pedagang asli Papua masih berjualan di lahan parkir yang bersebelahan dengan tumpukan sampah. Walaupun aroma sampah sangat menyengat hidung, mereka tetap bertahan. Tidak ada lagi tempat layak bagi Mama-Mama Papua untuk berjualan hasil bumi di pasar sentral tersebut.

“Kami mau jualan di dalam itu (kompleks pasar), dilarang. Katanya, (semua los) sudah ditempati. Jadi, terpaksa harus atur (jualan) di lahan parkiran ini,” kata Ida Biayawaitouw.

Perempuan asal Depapre tersebut mulai berjualan sekitar pukul 09.00 Waktu Papua setiap hari. ย Dia sebenarnya risih berjualan di lokasi yang bersebelahan dengan tumpukan sampah.

“Sebenarnya tidak enak juga dengan kondisi ini, tetapi mau bagaimana. Kami harus jualan (dengan) tahan bau,” keluh Biayawaitouw.

Dia berharap pemerintah menyediakan tempat layak berdagang untuk Mama-Mama Papua di Pasar Pharaa. Mereka juga ingin menikmati layanan seperti para pedagang yang berjualan di dalam kompleks pasar.

Loading...
;

“Saya berharap kami bisa duduk berjualan dengan baik. Gedung (pasar) yang dibangun memang ada (menyediakan tempat) untuk pedagang tiba-berangkat (musiman), tetapi yang jualan di dalam (pasar) bukan kami (Mama-Mama Papua),” kata Biayawaitouw,

Marlin, pengunjung Pasar Pharaa merasa iba dengan kondisi pedagang asli Papua yang berjualan di sana. Dia juga berharap pemerintah memerhatikan nasib pedagang tradisional tersebut.

“Pasar ini dibangun karena ada Mama-Mama Papua. Kasilah mereka tempat yang baik. Kasihan (mereka) berjualan dengan berjemur, kayak ikan asin saja,” ucap Marlin. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca juga  KPU Papua ajak masyarakat Yalimo sukseskan pilkada 2020

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa