Follow our news chanel

Previous
Next

Mandacan didesak ambil sikap seperti Enembe dalam penanganan Covid-19

Mandacan didesak ambil sikap seperti Enembe dalam penanganan Covid-19 1 i Papua
Petugas kesehatan pelabuhan laut Manokwari, saat melakukan pemeriksaan terhadap penumpang kapal Pelni yang terus berdatangan hingga pekan ini. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Sejumlah pihak di Manokwari, mendesak Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, beserta jajarannya segera mengambil sikap untuk menutup akses transportasi laut dan udara di Papua Barat, sebagai langkah pencegahan wabah Covid-19.

Salah satu desakan untuk menutup akses transportasi, hari ini digelar dalam bentuk aksi bisu oleh kelompok solidaritas warga Manokwari, dengan membentangkan sejumlah spanduk di jalan raya, hingga mendatangi sekretariat Satgas Covid-19 Papua Barat yang berkantor di salah satu Hotel terbesar di Manokwari.

Adolof Tapilattu, peserta aksi bisu mengatakan, warga Manokwari tidak tinggal diam di tengah bayang-bayang  wabah Corona yang terus memakan korban jiwa. Salah satu langkah pencegahan, yaitu dengan membatasi masuknya orang dari luar Papua Barat melalui Bandar udara dan Pelabuhan laut.

“Kami desak Gubernur Papua Barat, untuk segera menutup akses penerbangan di Bandar Udara dan Pelabuhan laut di seluruh kabupaten/kota di Papua Barat, untuk mencegah penyebaran virus Corona,” kata Adolof menyampaikan satu dari tujuh poin tuntutan dalam aksi bisu tersebut.

Sementara, Direktur eksekutif LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy, menyatakan bahwa sikap dan keputusan Gubernur Lukas Enembe untuk menutup akses transportasi laut dan udara di Jayapura, Papua sangat tepat karena mengutamakan  kemaslahatan orang banyak atau melindungi Hak Asasi Manusia (HAM) rakyatnya.

“Enembe tegas, untuk melindungi HAM rakyatnya. Langkah tegas Enembe tertuang dalam Bab V pasal 71 dan 72 UU RI No.39 Tahun 1999 tentang HAM. Bahkan, ketegasan Enembe juga di atur dalam amanat pasal 59 ayat (2) UU RI No.21 Tahun 2001 tentang Otsus Papua,” ujar Warinussy.

Loading...
;

Kata Warinussy, sikap tegas Enembe dan jajarannya dalam menyikapi bahaya Pandemi Covid-19 di Papua, sangat berdasar hukum atau legal.

“Sepatutnya, langkah tegas Enembe patut mendapat respon positif pemerintah pusat. Legalitas hukum dari langkah dan keputusan Gubernur Enembe, seyogyanya dapat , memberi motivasi dan keberanian bagi Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan untuk mengambil langkah positif di wilayah Provinsi Papua Barat dalam pekan ini,” ujar Warinussy.

Berdasarkan data, sejak menetapkan Provinsi Papua Barat dalam status siaga darurat Corona bersamaan dengan peresmian sekretariat Satgas Covid-19, Gubernur Mandacan, menyatakan bahwa tak ada lockdown di wilayah Papua Barat selama berstatus ‘siaga’. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top