Mandacan siap laksanakan vaksinasi covid-19 di Papua Barat

Papua
Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, usai mengikuti rapat virtual bersama Presiden RI. (Jubi/Hans Arnold Kapisa).

Papua No.1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Gubernur Papua
Barat, Dominggus Mandacan menyatakan provinsi Papua Barat siap melaksanakan program vaksinasi Covid-19 serentak pada 14 Januari 2021, setelah dicanangkan Presiden Joko Widodo pada 13 Januari 2021 mendatang.

“Hari ini kami rapat virtual bersama presiden Joko Widodo dengan menteri terkait untuk kesiapan kepala daerah sukseskan program vaksinasi, sekalian  laporkan perkembangan kasus Covid-19 di daerah masing-masing,” ujar Mandacan, Rabu (6/1/2021) di swissbel hotel Manokwari.

Mandacan mengatakan, setelah peluncuran vaksinasi oleh Presiden pada 13 Januari, vaksinasi Covid-19 secara serentak akan dilaksanakan di seluruh provinsi pada 14 Januari 2021.

Menurut Mandacan, sasaran pemberian vaksin di Papua Barat telah siap, termasuk tenaga atau vaksinator yang akan menyuntikan vaksin pada 14 Januari mendatang. Vaksin Covid-19 untuk Papua Barat sebanyak 7.160 telah tiba dan saat ini disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Papua Barat.

“Perintah pak Presiden para kepala daerah diminta siap untuk divaksin sebagai contoh atau teladan bagi masyarakat. Tapi untuk vaksinasi tahap pertama ini dibatasi khusus bagi kepala daerah yang usianya dibawah 60 tahun ,” kata Mandacan.

Mandacan sebut bahwa dirinya siap untuk divaksin, namun usianya lebih dari 60 tahun.

“Saya siap dan sebenarnya ingin beri contoh untuk divaksin tapi usia saya sudah lebih dari 60 tahun maka saya tunggu pada vaksinasi tahap berikutnya,” ucap Mandacan.

Loading...
;

Mandacan menyatakan,  bahwa vaksinasi Covid-19 tahap pertama ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan yang melayani pasien COVID-19.

Jika memungkinkan vaksinasi juga akan dilakukan bagi petugas layanan publik lain.

“Vaksin yang kita terima masih terbatas, baru 7.160 dosis. Makanya petugas medis dulu yang kita prioritaskan,” ujarnya.

Kendati demikian selain tenaga medis, lanjut Mandacan, vaksinasi serentak 14 Januari nanti perwakilan tokoh masyarakat, agama dan perempuan juga akan diberikan vaksin.

Mereka diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat agar tidak ragu terhadap vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan pemerintah.

“Besok kita akan laksanakan rapat teknis untuk menentukan sasaran, siapa-siapa saja yang nanti akan divaksinasi pada 14 Januari,” kata Mandacan. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top