Follow our news chanel

Manfaatkan liburan, Sagu Foundation bikin kelas menulis esai berbahasa Inggris

Manfaatkan liburan, Sagu Foundation bikin kelas menulis esai berbahasa Inggris 1 i Papua
Guru dan siswa yang mengikut writing for beginners di Sagu Foundation- Jubi/David Sobolim

Jayapura, Jubi – Lembaga Sagu Foundation menyelenggarakan kelas penulisan writing for beginners bagi anak-anak SMA. Ditujukan bagi pelajar yang sudah mengikuti Ujian Nasional dan masih menunggu waktu sebelum mendaftar di perguruan tinggi.

Kegiatan tersebut dimulai tanggal 27-28 Mei 2019 peserta terdiri 5 orang siswa SMA. Pelatihan penulisan esai diampu oleh dua orang guru yaitu, Azarya Patty, S.Si jurusan Kimia FMIPA Uncen. Dan Elisabeth Jakarimilena, B.Sc (Environmental Science, Flinders University di Adelaide, Australia yang lulus 2018).

Direktur Sagu Foundation Tisha Rumbewas mengatakan, kegiatan itu dimaksud untuk mengisi waktu libur anak-anak. Targetnya, peserta dapat menuliskan esai dengan baik di dalam tes penerimaan di universitas maupun dalam tugas sebagai mahasiswa nantinya.

“ Sebelum adik-adik kita mendaftar di universitas. waktu luang kami manfaatkan untuk berkontribusi kepada adik-adik kita dengan writing for beginners,” ujar Tisha Rumbewas Senin (27/5/2019), di Jayapura.

Menurutnya, pelatihan ini cukup penting. Beberapa tahun terakhir, banyak beasiswa yang di sediakan oleh pemerintah. Keinginan anak muda Papua untuk untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri banyak. Namun banyak juga yang gagal dalam penulisan esai.

Karena itu, perlu dipersiapkan dari sekarang dari cara penulisan esai. Mulai dari tanda penghubung, kata pembuka, isi esai, dan penutup kalimat yang benar.

Dia juga menjelaskan untuk penulisan esai bukan hanya untuk mendapatkan program untuk melanjutkan studi di luar negeri. Tapi juga dibutihkan di dalam negeri.

Loading...
;

“ Esai yang benar adalah esai yang menjawab pertanyaan,” imbuhnya.

Adapun materi yang diuraikan dalam pelatihan itu, antara lain introduction, body paragraph, conjuction dan juga linking words. Dan berharap mereka yang mengikuti ini bisa menulis dengan percaya diri dalam tes di universitas.

Elisabeth Jakarimilena, B.Sc lulusan Environmental Science, Flinders University di Adelaide, Australia yang juga sebagai tutor dalam kelas writing for beginner ini menambahkan, mereka mengajarkan cara yang baik dalam penulisan esai dan itu sekaligus melatih dan mempersiapkan anak-anak SMA mendaftar di perguruan tinggi.

“Dalam hari pertama mereka akan menulis tentang diri mereka untuk mengenali dirinya dan hari kedua akan dilanjutkan dengan materi. Mengajarkan dan menulis bagaimana cara menulis topik yang dipilih oleh peserta sendiri,” jelas perempuan penerima beasiswa Otsus ini.(*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top