Follow our news chanel

Previous
Next

Manfaatkan perahu katamaran untuk kebersihan Danau Sentani

Uji coba penggunaan perahu katamaran bantuan BNPB di Danau Sentani, Kamis (27/2/2020) - Jubi/Engelbert Wally.
Manfaatkan perahu katamaran untuk kebersihan Danau Sentani 1 i Papua
Uji coba penggunaan perahu katamaran bantuan BNPB di Danau Sentani, Kamis (27/2/2020) – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Perahu katamaran bantuan pemerintah harus dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Salah satu ialah untuk menjaga kebersihan di perairan Danau Sentani.

“Kondisi lingkungan yang bersih dari sampah, pasti mengundang banyak orang untuk mengunjungi kampung-kampung di pesisir Danau Sentani,” kata Yanto Eluay, tokoh adat di Kabupaten Jayapura, Kamis (27/2/2020).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyumbangkan sebanyak 23 perahu katamaran kepada para kepala kampung dan ondoafi di wilayah pesisir Danau Sentani, Kabupaten Jayapura. Bantuan tersebut diserahkan Bupati Mathius Awoitauw di Kampung Sereh Tua, Distrik Sentani, Kamis.

Menurut Eluay, mereka sebenarnya mengusulkan bantuan perahu yang berukuran lebih besar kepada BNPB. Itu agar perahu dapat digunakan untuk membersihkan sampah di Danau Sentani.

“Kesadaran masyarakat masih minim dalam menjaga kebersihan lingkungan di Danau Sentani. Kondisi itu ditambah lagi dengan sampah kiriman dari wilayah perkotaan yang hanyut melalui sungai,” kata putra tokoh karismatik Papua Theys Hiyo Eluay, tersebut.

Dia mengatakan pemerintah sudah memberi perahu katamaran sehingga harus digunakan untuk menjaga kebersihan lingkungan. “Kalau ada sebagian warga Danau Sentani dipindahkan (direlokasi) ke daratan, itu juga upaya dalam menjaga (kelestarian) ekosistem.”

Loading...
;

Tokoh adat lainnya, Boaz Enok menambahkan masyarakat juga harus menerima setiap upaya pemerintah untuk memulihkan kondisi  lingkungan maupun sosial akibat banjir bandang tahun lalu.

“(Pemerintah) pasti sudah memikirkan dengan baik (solusinya). Sebelum mengambil langkah (menerapkan kebijakan), pemerintah selalu berdiskusi dengan kami dan masyarakat,” kata Enok. (*)

 

Editor: Aries Munandar

 

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top