Follow our news chanel

Manfaatkan PON sebagai akses pemasaran kerajinan Papua

Pondok kerajinan tangan Mama-Mama Papua di Pantai Wisata Khalkote. Kabupaten Jayapura - Jubi/Engel Wally.
Manfaatkan PON sebagai akses pemasaran kerajinan Papua 1 i Papua
Pondok kerajinan tangan Mama-Mama Papua di Pantai Wisata Khalkote. Kabupaten Jayapura – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Distrik Sentani Timur Steven Wally mengharapkan perajin setempat mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional 2020. Mereka diminta meningkatkan produktivitas agar bisa berperan serta dalam menampilkan sekaligus menjual hasil kerajinan tangan masing-masing.

“Banyak usaha kerajinan belum tersentuh (dikelola) dengan baik di daerah (distrik) ini. Pemerintah distrik selama ini (hanya bisa) memberi dukungan kepada perajin yang produktif,” kata Wally, Rabu (12/2/2020).

Selain mendapat dana pembinaan, para perajin yang produktif berkesempatan mengikuti pameran daerah maupun nasional. Ajang tersebut menjadi peluang bagi perajin untuk mempromosikan produk mereka.

“Kami berharap hasil kerajinan tangan tidak hanya (menjadi) pajangan. (Karena itu), perajin juga diminta menciptakan pasar sendiri,” ujar Wally.

Kepala Distrik Sentani Yohanes Erol Daisiu juga mengakui akses pemasaran masih menjadi kendala bagi pengembangan kerajinan di daerahnya. Produk tangan bikinan perajin mereka padahal sangat unik dan menarik

“Misalnya, ukiran di kulit kayu. Kulit kayu juga (bisa) dibuat menjadi tas, dompet, kantong handphone, dan lain-lain,” kata mantan Kepala Distrik Demta, tersebut.

Loading...
;

Daisiu mengatakan selama hasil kerajinan tangan tidak dipasarkan maka selama itu pula produk tersebut hanya menjadi pajangan di rumah perajin. “Banyak (sebenarnya) yang dapat dilakukan (untuk mempromosikan kerajinan) melalui program berbasis kampung, seperti pasar rakyat, pameran, dan bazar. Apalagi, akan ada PON XX, (produk kerajinan) pasti menjadi barang yang dicari tamu (untuk oleh-oleh). (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top