Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Manokwari gempa, warga panik berlarian ke luar rumah

Papua
Suasana kota Manokwari sore ini, pasca diguncang gempabumi 4,6 SR. (Jubi/Hans Arnold Kapisa)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Gempa bumi berkekuatan 4,6 SR sempat menggegerkan aktivitas warga kota Manokwari hingga berlarian ke luar rumah dan sejumlah pusat perbelanjaan.

Tidak ada kerugian materi dan korban jiwa dalam aksi spontan terhadap reaksi getaran bumi ini di Manokwari.

Kepala BMKG stasiun Rendani Manokwari, Denny Puttiray, melaporkan kejadian gempa bumi  terjadi pada Rabu, 29 Juli 2020 pukul 15:07 WP wilayah Manokwari diguncang gempa tektonik.

Manokwari gempa, warga panik berlarian ke luar rumah 1 i Papua

“Hasil analisis BMKG menunjukan gempabumi ini memiliki kekuatan M = 4.6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.71 LS dan 134.32 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada 32 km TimurLaut Manokwari – Papua Barat pada kedalaman 25 km,” ujar Denny dalam laporan resminya, Rabu (29/7/2020) petang.

Terkait jenis dan mekanisme gempa bumi di kabupaten Manokwari, tampak bahwa gempabumi berkedalaman dangkal diakibatkan oleh aktivitas sesar lokal.

“Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Manokwari dengan intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.  Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Loading...
;

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” ujar Denny. (*)

Editor: Edho Sinaga

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top