Mantan anggota parlemen dan PM Vanuatu tidak terbukti korupsi

Jerome Ludvaune, Tom Kerr, Matai Seremaiah, dan Charlot Salwai (ki-ka). - RNZ Pacific/ Hilaire Bule

Papua No.1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Mantan Perdana Menteri Vanuatu, Charlot Salwai, telah dinyatakan tidak bersalah setelah dituduh melakukan suap dan korupsi, Selasa (8/12/2020) sore ini.

Hakim G.A. Wiltens juga menyatakan bahwa mantan menteri pertanian Matai Seremaiah, mantan menteri kesehatan Jerome Ludvaune, dan mantan Anggota Parlemen untuk Tafea Outer Islands, Tom Kerr, tidak bersalah atas tuduhan tersebut.

Hakim Wiltens mengatakan Salwai tidak bertindak demi kepentingan pribadinya, atau keluarganya, ketika dia menunjuk Ludvaune sebagai menteri kesehatan dan Kerr sebagai sekretaris parlemen pada November 2013, tetapi demi kestabilan pemerintah nasional.

Pada November 2019, pemimpin oposisi saat itu dan wakil perdana menteri Vanuatu saat ini, Ishmael Kalsakau, mengajukan pengaduan resmi ke polisi.

Kalsakau mengklaim bahwa Salwai telah menyuap Ludvaune dan Kerr agar membatalkan tanda tangan mereka dari mosi tidak percaya pertama terhadap Salwai.

Namun Hakim Wiltens mengatakan jaksa penuntut tidak berhasil meyakinkannya bahwa Salwai melakukan suatu tindakan suap.

Loading...
;

Pengacara Nigel Morisson mengatakan kliennya telah sepenuhnya terbukti benar.

“Kami sangat senang karena selama ini kami selalu berpandangan bahwa tidak ada perilaku korupsi yang dilakukan mereka yang mewakili negara ini di parlemen, dan itulah temuan pengadilan,” katanya.

“Tidak ada sama sekali tindak korupsi yang sehubungan dengan tindakan mereka, jadi akhirnya hari ini kami mendapatkan putusan yang kami tahu pantas kami terima dan telah kami tunggu-tunggu.”

Namun, Hakim Wiltens telah menemukan bahwa Salwai bersalah atas tuduhan sumpah palsu.

Sementara Seremaiah, Ludvaune, dan Kerr sekarang sudah bebas, mantan perdana menteri itu masih harus kembali hadir di Mahkamah Agung. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top