Mantan Ketua Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt Willem Maloali wafat

Papua-mendiang Pdt Willem Maloali
Mendiang Pdt Willem Maloali (duduk di kursi roda) saat menerima kunjungan Bupati Jayapura, Maret 2021 – Jubi/jayapurakab.go.id

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, JubiMantan Ketua Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt Willem Maloali, wafat. Mantan Ketua DPRD Irian Jaya ini meninggal pada Kamis (8/7/2021) pukul 06.00 WIT di kediamannya di Jalan RI Macantututl Dok V Atas, Kota Jayapura.

“Memang Bapak meninggal pukul 06.00 pagi dalam usia 87 tahun,” kata salah seorang keponakan Pdt Willem Maloali, Orpa, kepada Jubi, Kamis (8/7/2021) pagi.

Dia menambahkan mendiang Pdt Maloali akan dimakamkan di Kampung Yahim Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Kepastian waktu masih menunggu rapat keluarga,” katanya.

 Baca juga: GKI di Tanah Papua berkomitmen bangun persekutuan

Mendiang Pdt Willem Maloali semasa menjabat sebagai Ketua DPRD Irian Jaya pada 1978 pernah disandera oleh kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) Marten Tabo.

Majalah Tempo, pada 27 Mei 1978, menerbitkan laporan berjudul ‘Penculikan Pendeta Maloali’. Dalam laporan itu Pdt Maloali diberitakan hilang dalam perjalanan menuju ke pedalaman sejak 16 Mei 1978.

Loading...
;

Kabar hilangnya Ketua DPRD Irian Jaya itu pertama kali diangkat dalam upacara penyambutan Menlu Papua Nugini (PNG), Olewale. Dalam upacara itu Pdt Maloali tak kelihatan batang hidungnya.

Saat itu Pdt Maloali disandera di Kecamatan Ubruk, termasuk seoarng pastor dari Ordo Fratum Minorum, Pastor Aloysius Ombos. Namun akhirnya Pdt Maloali dan kawan-kawan akhirnya bisa dibebaskan dalam operasi yang dipimpin Kolonel Syamsuddin.

Kemudian, Mayjen (Purn) Sjamsudin menulis dalam buku berjudul ‘Penyanderaan di Perbatasan RI dan PNG’.

Mendiang Pendeta Maloali lahir 87 tahun lalu di Sentani. Pdt Maloali meninggalkan tiga orang putra. Putri pertama, Lien Maloali, pernah menjadi Sekretaris Foker LSM Papua, bersama dua orang adiknya. Sementara istri dan salah seorang putri Pdt Maloali telah meninggal beberapa tahun lalu. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top