Follow our news chanel

Mantan MP perempuan pertama Vanuatu meninggal dunia

Kota Port Vila. - RNZI / Jamie Tahana
Mantan MP perempuan pertama Vanuatu meninggal dunia 1 i Papua
Kota Port Vila. – RNZI / Jamie Tahana

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Pemerintah Republik Vanuatu telah memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang Maria Crowby Tourakot pada Jumat, 15 Mei 2020. Jenazah Crowby diterbangkan dari Kaledonia Baru ke Port Vila, dan disambut oleh Gracia Shedrack, Ketua Parlemen Vanuatu.

Turut hadir untuk mewakili pemerintah adalah Ismael Kalsakau, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri, dan MP Marcellino Telukluk dari Kantor Oposisi, di hadapan suami, anak-anak dan cucu-cucunya.

Akibat pandemi Covid-19, pemakaman kenegaraannya juga dibatasi dengan kehadiran kedua pemimpin ini, anggota keluarga dekatnya, dan pejabat tinggi pemerintah. Juga hadri adalah anggota korps militer Vanuatu Mobile Force untuk meletakan bendera nasional dan memberikan penghormatan terakhir pada almarhumah Crowby.

Crowby telah bekerja di pemerintahan dan, yang paling penting, ia terpilih sebagai MP perempuan pertama Vanuatu pada parlemen 1988 hingga 1991 di bawah bendera partai Union of Moderates Party (UMP).

Almarhumah Crowby lahir di Pulau Ifira pada 23 Agustus 1940. Pada 1955 ia kemudian melanjutkan studi keperawatan di Kaledonia Baru dan begitu selesai, ia pulang ke Vanuatu. Dia mulai bekerja sebagai perawat, dan saat bekerja sebagai perawat dia juga mengajar siswa keperawatan pada saat yang bersamaan.

Pada 1980, ketika Vanuatu memperoleh kemerdekaannya, Crowby diangkat menjadi Chief Nursing Officer (penasihat senior pemerintah tentang masalah keperawatan), tetapi saat itu posisi ini dikenal dengan sebutan matron. Selama masa jabatannya sebagai matron, ia mengikuti beberapa kursus keperawatan. Dia bekerja sebagai perawat hingga 1987, ketika dia pensiun setelah 29 tahun bekerja di sektor kesehatan.

Loading...
;

Crowby maju dalam pemilihan umum pada 1988 dan berhasil terpilih sebagai MP di badan legislatif ketiga negara itu. Dia menjabat sebagai MP selama satu periode. Setelah menjabat sebagai MP, pada 1992 Crowby diangkat sebagai Ketua komisi Public Services Commission selama dua tahun. Pada Juni 1995, ia mengambil sumpahnya untuk menjadi Justice of Peace Republik Vanuatu. Selama bertahun-tahun ini, Crowby dan suaminya mengelola usaha pribadi mereka.

Maria Crowby meninggal dunia pada Selasa, 28 April 2020, pukul 12:45 malam, di Kaledonia Baru. Ia meninggalkan suaminya, enam anak, 34 cucu, dan 78 cicit.

Pemerintah dan Rakyat Republik Vanuatu menyampaikan belasungkawa mereka kepada suami dan anggota keluarga mendiang Crowby. (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top