Mantan pemain bola Ukraina ini diduga jadi mata-mata

Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Pengadilan Rusia memvonis seorang mantan pesepak bola Ukraina, Vasily Vasilenko, 12 tahun penjara atas tuduhan spionase pada Senin, (7/12/2020) kemarin. Mantan pemain klub Tavriya, Torpedo dan Druzhba itu, ditangkap pada Oktober 2019. Ia saat itu ditahan atas tuduhan penyelundupan namun kemudian dituduh sebagai mata-mata.

Menurut kantor berita RIA, seorang sumber mengatakan Vasilenko ditangkap karena mencoba mendapatkan peralatan militer nonaktif yang diproduksi di Uni Soviet selama tahun 1960-an atas nama kementerian pertahanan Ukraina.

Baca juga : AS dituding kirim puluhan pesawat intai untuk mata-matai China 

Putra mata-mata Rusia kembali dapat kewarganegaraan Kanada 

Media China rilis rekaman sidang mata-mata yang dianggap penipu

Meski Vasilenko membantah tuduhan spionase tersebut. Pemerintah Ukraina pun belum memberi komentar. Tercatat hubungan antara Rusia dan Ukraina memanas sejak Moskow mencaplok semenanjung Laut Hitam Krimea pada 2014 dan mendukung separatis bersenjata di timur Ukraina.

Loading...
;

Rusia sejak itu menangkap sejumlah orang yang dituduh memata-matai Ukraina, termasuk seorang prajurit untuk Pasukan Rudal Strategis Rusia pada Agustus dan seorang wanita di Krimea pada November 2019 yang bekerja untuk Armada Laut Hitam Rusia. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top