Follow our news chanel

Previous
Next

Mantan PM Fiji Laisenia Qarase tutup usia

Laisenia Qarase. - RNZI/ AFP
Mantan PM Fiji Laisenia Qarase tutup usia 1 i Papua
Laisenia Qarase. – RNZI/ AFP

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Mantan Perdana Menteri Fiji, Laisenia Qarase, telah meninggal Selasa ini (21/4/2020) di Rumah Sakit Oseania di Suva, setelah sakit.

Membenarkan berita itu sore kemarin, juru bicaranya, mantan editor surat kabar Mesake Koroi, mengungkapkan bahwa mantan PM itu meninggal dunia pada pukul 06.10 pagi.

“Dengan penuh penyesalan Keluarga Qarase mengumumkan meninggalnya mantan Perdana Menteri Fiji, Laisenia Qarase. Qarase meninggal di sebuah Rumah Sakit Swasta di Suva pada pukul 6:10 pagi hari ini, Selasa 21 April 2020. Qarase sebagai anak kampung akan dimakamkan di desa asalnya Mavana di Vanuabalavu. Jadwal pemakaman belum dirampungkan.”

Pernyataan itu menjelaskan bahwa Qarase tidak ingin ada protokol pemakaman tradisional, yang dikenal dengan sebutan reguregu.

Koroi juga berkata delegasi dari keluarga itu telah mengunjungi Perdana Menteri Voreqe Bainimarama untuk secara resmi menyampaikan berita kepergian Laisenia Qarase kepada pemerintah.

Laki-laki berusia 79 tahun ini meninggalkan seorang istri, Leba Qarase, 7 anak, 26 cucu, dan tiga cicit.

Loading...
;

Qarase adalah Tui Kobuca, kepala desa Mavana di Vanuabalavu.

Bekerja sebagai bankir, Qarase adalah Perdana Menteri keenam Fiji. Dia memegang jabatan itu dua kali selama periode 2000-2006; pertama kali saat pemerintahan sementara setelah kudeta tahun 2000, setelah ditunjukkan oleh Perdana Menteri saat ini Voreqe Bainimarama, yang saat itu merupakan Komandan militer Fiji. Kali kedua ia terpilih dalam pemilihan internal parlemen pada 2001 dan 2006, sebelum ia digulingkan dari jabatannya setelah kudeta militer pada 5 Desember 2006.

Qarase menyelesaikan pendidikannya di Queen Victoria School dan Suva Grammar School sebelum ia kuliah perdagangan di Universitas Auckland, Selandia Baru.

Di awal karirnya, Qarase bekerja sebagai pegawai negeri di Fijian Affairs Board, dan di Kementerian Keuangan, Perdagangan, Perindustrian, dan Pelayanan Publik.

Sebagai seorang bankir, Qarase adalah Direktur iTaukei pertama Fiji Development Bank (FDB) dari tahun 1983 hingga 1998. Pada 1980-an ia memprakarsai pembentukan Fijian Holdings Limited untuk mewakili kepentingan orang iTaukei di sektor bisnis.

Qarase menerima penghargaan Star of Melanesia sebagai pengakuan atas upayanya untuk mempromosikan kepentingan rakyat Melanesia di Pasifik. (Asia Pacific Report)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top