Follow our news chanel

Previous
Next

Mantan PM Vanuatu yakin bisa kalahkan tuntutan korupsi

Terdakwa, Mantan Perdana Menteri Vanuatu, Charlot Salwai, Anggota Parlemen (MP) Matai Seremiah, dan mantan MP Jerome Ludvaune awal pekan ini. - DVU

Papua No.1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Mantan Perdana Menteri (PM) Vanuatu, Charlot Salwai, Anggota Parlemen (MP) dari dapil Luganville Matai Seremaiah, mantan MP dari TAFEA Pulau-pulau terluar Tomker Netvunei, serta mantan MP dari Malekula Jerome Ludvaune, akan menghadapi Mahkamah Agung atas dakwaan korupsi pada 1 September 2020 mendatang.

Keputusan itu ditetapkan oleh Hakim Anna Laloyer Rabu pagi kemarin (5/8/2020).

Laloyer menegaskan dia puas dengan terpenuhinya prima facie dalam gugatan terhadap para terdakwa. Semua terdakwa akan mematuhi perintah dana jaminan dari Mahkamah Agung Vanuatu.

Mereka terlibat dalam 11 gugatan melanggaran KUHP dan UU kepemimpinan Leadership Code, setelah peristiwa yang dikatakan terjadi pada 22 atau 23 November 2016 di Port Vila.

Salwai dikenai dua gugatan korupsi dan suap pejabat yang dengan hukuman penjara hingga 10 tahun.

Ia juga menghadapi dua dakwaan suap, dua dakwaan konflik kepentingan, serta satu dakwaan sumpah palsu. Salwai diduga telah menyuap mantan MP dari Malekula, Ludvaune, dengan menawarkan portofolio Menteri Kesehatan untuk meyakinkannya agar mencabut dukungannya atas mosi tidak percaya untuk menggulingkan Salwai yang saat itu menjabat sebagai PM Vanuatu.

Loading...
;

Salwai juga dituduh menyuap Netvunei dengan menawarkan, dan kemudian menunjuknya, jabatan Sekretaris Parlemen (PS) di Kementerian Pertanian, juga bertujuan memengaruhi Netvunei agar tidak menandatangani mosi tidak percaya yang sama.

MP Netvunei dan MP Ludvaune diduga menerima jabatan itu. MP Seremaiah didakwa karena dikatakan telah memfasilitasi proses tersebut.

Kepada RNZ Pacific, pengacara Charlot Salwai mengatakan kliennya yakin akan memenangkan perkara ini di Mahkamah Agung.

Daniel Yawah berkata keputusan Hakim Laloyer itu tidak mengejutkan.

Penggugat adalah mantan pemimpin oposisi dan sekarang wakil perdana menteri Vanuatu, Ismael Kalsakau. (Daily Post Vanuatu)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top