Mantan Presiden Negara Federasi Mikronesia mangkat

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Awak, Jubi – Negara Federasi Mikronesia (FSM) berduka awal bulan ini, setelah meninggalnya presiden kelima negara itu, Leo Falcam, yang berpulang pada 12 Februari 2018 lalu, dalam usia 82 tahun.

Presiden FSM Peter Christian mengumumkan periode berkabung nasional yang mana semua bendera dikibarkan setengah tiang. Upacara pemakaman diadakan di Gereja Katolik Saint Joseph di Awak, dilanjutkan dengan upacara pemakaman kenegaraan di kediaman presiden di Awak.

“Dengan kesedihan yang mendalam, saya mengumumkan kepada bangsa ini tentang kepergian seorang pemimpin besar, negarawan, dan pegawai negeri yang sangat berdedikasi, mantan Presiden Negara Federasi Mikronesia, Yang Mulia Leo A. Falcam,” kata Presiden Christian.

“Mendiang Presiden Falcam akan dikenang sebagai salah satu pendiri bangsa kita, dan salah satu perumus Konstitusi FSM,” lanjut Presiden Kristen.

Mendiang Presiden Falcam lahir pada tanggal 20 November 1935 di Awak. Setelah menyelesaikan studinya dari Universitas Hawaii pada 1962, Presiden Falcam memulai karirnya di bidang pelayanan masyarakat sebagai guru di Pohnpei.

Pada tahun 1964, Presiden Falcam ditunjuk sebagai Asisten Administrator Distrik untuk Distrik Pohnpei. Tahun berikutnya, dia meneruskan studinya ke Universitas Princeton di New Jersey, Amerika Serikat, yang mana dia menyelesaikannya di sekolah kebijakan publik profesional Universitas itu, Woodrow Wilson School of Public and International Affairs.

Loading...
;

Pada tahun 1976, Presiden Falcam ditugaskan untuk mendirikan dan memimpin Kantor Perwakilan Negara Federasi Mikronesia yang pertama di Washington DC.

Pada bulan Mei 1979, Presiden Falcam terpilih sebagai Gubernur pertama Negara Bagian Pohnpei di bawah pemerintahan negara bagian Pohnpei yang baru saja dibentuk.

Dia menjabat sebagai Wakil Presiden Negara Federasi Mikronesia dari Mei 1997 sampai Mei 1999, dan kemudian sebagai Presiden Kelima FSM pada Mei 1999 dan melayani selama satu periode hingga 2003. (PINA)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top