Maradona diusulkan jadi gambar uang Argentina

Papua dolar
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Seorang senator Argentina mengusulkan untuk memampang gambar Diego Maradona pada uang kertas negara itu. Senator itu mempresentasikan proyek itu kepada Kongres pada hari Senin atau Selasa WIB. Dalam usulan dia, gambar Maradona, atau mungkin gambar ‘Tangan Tuhan’ , akan ada pada uang kertas bernilai 1.000 peso.

“Uang kertas itu, bernilai sekitar $ 12,27 dengan nilai tukar hari Senin, akan menampilkan wajah Maradona di satu sisi dan gambar salah satu golnya yang paling terkenal di sisi lain,” kata sponsor RUU tersebut, Senator Norma Durango.

Baca juga : Sang legend Diego Maradona meninggal, Argentina berkabung

Ribuan orang iringi sang legend Maradona ke peristirahatan terakhir 

Perempuan ini akan menjadi Wasit di Liga Champions.

Dua gol paling terkenal Maradona terjadi di perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris. Maradona mencetak gol yang pertama dengan meninju bola melewati kiper Inggris Peter Shilton dan yang kedua dengan menggiring bola melewati tujuh pemain Inggris untuk mencetak gol yang masih dianggap sebagai salah satu gol terhebat sepanjang masa.

Loading...
;

Tercatat Timnas Argentina memenangi Piala Dunia dengan serangkaian penampilan luar biasa Maradona, yang meninggal pada 25 November karena serangan jantung pada usia 60 tahun.

Menurut Durango, ide meletakkan gambar Maradona di uang kertas 1.000 peso itu tidak sekedar sebagai bentuk penghormatan bagi sang legenda, tetapi juga punya tujuan kepentingan ekonomi.

“Idenya bukan hanya untuk mengenali idola terpenting kita, tetapi juga memikirkan pertanyaan ekonomi,” kata Durango.

Menurut dia, turis datang ke negaranya juga ingin membawa ‘Maradona’ bersama mereka. Meskipun tidak jelas mana salah satu dari dua gol yang akan ditampilkan, beberapa orang Argentina marah saat memikirkan gol ‘Tangan Tuhan’ yang ditampilkan dalam dokumen resmi pemerintah karena dapat dilihat sebagai memaafkan ilegalitas.

Senator untuk provinsi La Pampa itu mengatakan, keputusan akhir akan dibuat oleh anggota parlemen, yang diharapkan mendengar proposalnya awal tahun depan.

“Idenya adalah untuk mengenali Maradona, untuk kebaikan dan keburukan, siapa orang Argentina paling terkenal di dunia,” kata Durango. (*)

Editor  :  Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top