Marak Perdagangan Ikan Pari Macan di Sorong

Pari Macam yang marak di jual di Kota Sorong - Jubi/Niko MB
Pari Macam yang marak di jual di Kota Sorong – Jubi/Niko MB

Sorong, Jubi – Sekretaris LSM Barapen (Barisan Rakyat Peduli Nusantara) wilayah Papua Barat, Rahman Kabes menyayangkan maraknya perdagangan   spesies ikan pari macan di Kota Sorong.

Menurut dia ikan dengan nama ilmiah Himantura Undulata itu merupakan satu dari 17 spesies langka yang diburu nelayan di Papua, khususnya di Kota Sorong.

“Kami desak supaya dinas terkait segera menindak oknum-oknum yang sengaja menjual spesies ini,” katanya kepada Jubi di Sorong, Senin (1/8/2016).

Ia melanjutkan selain jenis pari macan, ada juga pari hiu yang tergolongan dalam spesies jenis hiu dengan nama ilmiah Rhina Ancylostoma yang dijumpai di lautan pasifik, Indonesia bagian Timur.

“Kini semakin langka karena bersama hiu dan ikan pari lain banyak ditangkap untuk diambil siripnya dan dihidangkan sebagai sup sirik ikan hiu di banyak negara Asia,” katanya.

Salah satu pedagang, Anhar yang ditemui di sela-sela kesibukanya menjual ikan di Sorong mengaku ikan ini ditangkap karena sering tersangkut di jaring dan mati.

“Meski demikian, banyak pembeli yang mengkonsumsi ikan tersebut,” katanya. (*)

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top