Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Markus Haluk: Vanuatu selalu setia mendukung kemerdekaan Papua

ULMWP Papua
Direktur Eksekutif United Liberation Movement for West Papua di Papua Barat, Markus Haluk. - Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Aktivis pergerakan kemerdekaan Papua, Markus Haluk menyebut Vanuatu yang merayakan hari kemerdekaannya ke-40 pada Kamis (30/7/2020) merupakan negara yang selalu setia mendukung perjuangan kemerdekaan Papua. Vanuatu juga menjadi tempat yang bersejarah bagi Papua, karena menjadi tempat para pemimpin pergerakan kemerdekaan Papua bersatu membentuk United Liberation Movement For West Papua atau ULMWP.

Hal itu dinyatakan Markus Haluk di Kota Jayapura, Jumat (31/7/2020). Menurutnya, Vanuatu menjadi sahabat setia perjuangan rakyat West Papua untuk menentukan nasib sendiri dari kolonialisme Indonesia. Haluk mengingat kunjungannya ke Vanuatu pada 2014, saat mempersiapkan pertemuan para pemimpin berbagai organisasi pergerakan kemerdekaan Papua di sana.

Saat itu Haluk datang untuk meminta tempat bertemu bagi para pemimpin Papua di pengasingan, untuk menindaklanjuti keputusan para pemimpin Melanesian Spearhead Group (MSG) yang meminta berbagai organisasi pergerakan kemerdekaan Papua bersatu dalam organisasi baru. “Ketika pertama injak kaki di negeri Vanuatu, dalam misi lobi awal Pemerintah Vanuatu, sebagai tindak lanjut keputusan para pemimpin MSG,” kata Haluk yang juga Direktur Eksekutif ULMWP itu.

Markus Haluk: Vanuatu selalu setia mendukung kemerdekaan Papua 1 i Papua

Para pemimpin Papua itu akhirnya bertemu di Vanuatu pada Desember 2014, dan menyepakati pembentukan ULMWP. “Pada Desember 2014, para pemimpin Papua mendeklarasikan ULMWP. Pada Juni 2015, di Honiara, ULMWP diterima sebagai observer di MSG,” kata Haluk.

Baca juga: ULMWP ikut rayakan Hari Kemerdekaan Vanuatu ke-40 di Papua

Vanuatu juga terus membuka jalan bagi para tokoh pergerakan kemerdekaan Papua untuk terlibat dalam Forum Negara Kepulauan Pasifik (PIF), dan berbagai forum internasonal lainnya. “Vanuatu terus bersama dan dalam pangkuan Melanesia, [mengantar para pemimpin Papua dalam forum] PIF, Africa Caribbean Pacific atau ACP, hingga Perserikatan Bangsa-bangsa,” kata Haluk.

Menurutnya, semua itu terjadi bukan karena kehebatan para pemimpin Papua semata, namun karena kehendak Tuhan yang bekerja melalui pemerintah dan rakyat Vanuatu dan para warga negara-negara Melanesia dan Pasifik lainnya. Kesetiaan Vanuatu mendukung gerakan kemerdekaan Papua itu membuat hari kemerdekaan Vanuatu menjadi penting bagi orang Papua. “Dari West Papua saya menyampaikan selamat merayakan hari kemerdekaan Vanuatu ke-40,” kata Haluk.

Loading...
;

Juru Bicara Komite Aksi ULMWP, Iche Murib mengatakan pihaknya turut merayakan hari kemerdekaan Vanuatu ke-40 pada Kamis. Murib menyatakan terima kasihnya kepada rakyat Vanuatu dan Pemerintah Vanuatu yang konsisten mendukung perjuangan kemerdekaan Papua.

Hal itu dinyatakan Iche Murib melalui panggilan telepon pada Jumat. “Rakyat Papua menyadari, tanpa dukungan Vanuatu kami tidak akan menemukan jalan kemerdekaan. Bersama Vanuatu, kami yakin kemerdekaan akan kami raih, kami [akan] berdaulat sebagai negara di teritori West Papua,” kata Murib.

Ia menyatakan rakyat Papua sebagian bagian dari rumpun Melanesia ikut merasa senasib dan sepenanggungan dengan rakyat Vanuatu, dan rakyat Papua berdoa bagi pemerintah maupun rakyat Vanuatu. “Kami akan ada untuk Vanuatu, dan Vanuatu ada untuk West Papua. Selamat merayakan Hari Kemerdekaan Vanuatu ke-40, Tuhan memberkati Vanuatu, Papua merdeka,” ujar Murib.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top