Follow our news chanel

Masalah perbatasan perlu diselesaikan bersama-sama

Jajaran Forkompimda Papua berfoto bersama Delegasi Papua Nugini usai Border Liaison Officers Meeting. - Jubi/Alex
Masalah perbatasan perlu diselesaikan bersama-sama 1 i Papua
Jajaran Forkompimda Papua berfoto bersama Delegasi Papua Nugini usai Border Liaison Officers Meeting. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Asisten Bidang Pemerintahan Pemerintah Provinsi Papua, Doren Wakerkwa meminta permasalahan di wilayah perbatasan Papua dan Papua Nugini diselesaikan bersama-sama. Menurutnya, kerjasama yang baik antara Provinsi Papua dan pemerintah Papua Nugini harus dijaga dan ditingkatkan dengan cara saling percaya, menghargai dan menghormati.

Doren Wakerkwa menyebut ada banyak masalah perbatasan yang harus segera diselesaikan bersama-sama. “Intinya, segala yang terjadi di wilayah perbatasan yang sampai saat ini belum terselesaikan harus dibicarakan, dan dicarikan solusinya,” kata Doren Wakerkwa, di Jayapura, Kamis (17/10/2019).

Wakerkwa menyebut Pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah Papua Nugini punya hubungan kerjasama yang berjalan baik. Kerjasama itu harus dijaga dan ditingkatkan dengan cara saling percaya, menghargai dan menghormati satu sama lain. “Kerjasama itu harus dijaga dengan tidak saling mengganggu kedaulatan masing-masing,” ujarnya.

Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzana Wanggai mengatakan ada beberapa forum pertemuan bilateral terkait penanganan perbatasan. Dalam pertemuan tersebut, setiap delegasi bertukar informasi untuk memastikan penduduk di wilayah perbatasan bisa tersentuh pembangunan.

“Tidak menutup kemungkinan ada masyarakat Papua-Indonesia yang tidak secara sengaja masuk wilayah Papua Nugini begitu juga sebaliknya. Untuk itu, kami minta mereka diperlukan berbeda dengan masyarakat yang benar-benar melakukan aktivitas ilegal atau secara sengaja masuk. Sebab, selama ini kami perlakukan warga Papua Nugini dengan baik,” kata Suzana.

“Untuk hal ini, pihak Papua Nugini menyatakan akan berlaku lebih bijak, mengingat hubungan Indonesia dengan Papua Nugini sangat baik dan kedua pemerintahan memiliki pengertian yang tinggi,” sambungnya.

Loading...
;

Terkait kerjasama perdagangan, Wanggai menyatakan pemerintah Indonesia dan Papua Nugini berkomitmen meningkatkan kerjasama itu. Peluang untuk meningkatan kerjasama perdagangan itu terbuka setelah pos perbatasan kedua negara terbangun. “Dengan dibangunnya pos-pos ini kami mendorong aktivitas perdangan berjalan baik,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top