Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Masih ada fraksi di DPRP belum serahkan nama perwakilan Pansus PTFI

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, pembentukan Panitia Khusus (Pansus) terkait PT Freeport Indonesia (PTFI), seperti aspirasi masyarakat Papua beberapa waktu lalu, menunggu distribusi perwakilan setiap fraksi yang ada di DPR Papua (DPRP).

Ia mengatakan, dari tujuh fraksi di DPR Papua, beberapa di antaranya belum menyerahkan nama-nama anggotanya yang akan masuk Pansus.

Masih ada fraksi di DPRP belum serahkan nama perwakilan Pansus PTFI 1 i Papua

"Beberapa fraksi belum menyerahkan, karena pimpinan fraksinya masih di luar daerah," kata Wonda kepada Jubi pekan lalu.

Menurutnya, usulan nama-nama anggota setiap fraksi yang akan masuk ke Pansus merupakan kewenangan pimpinan fraksi. Namun diharapkan, pembentukan Pansus dapat segera terwujud agar sudah mulai bekerja setelah pembahasan APBD perubahan tahun anggaran 2018. 

Namun kata Wonda, ada berbagai faktor yang menjadi penyebab Pansus yang dibentuk DPR Papua selama ini dianggap tak maksimal. Ini disebabkan ada hal yang tak bisa diintervensi dewan, karena itu merupakan ranah pihak lain, misalnya eksekutif.

Ia mencontohkan, upaya DPR Papua membentuk Pansus menagih utang pajak air permukaan PT Freeport Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. 

Loading...
;

Pansus DPR Papua telah mengumpulkan berbagai data, bertemu Kementerian terkait, DPR RI hingga manajemen PT Freeport. Hasilnya diserahkan ke pihak eksekutif, namun upaya itu gagal. 

Meski Pengadilan Pajak Jakarta mewajibkan Freeport membayar, namun Mahkamah Agung (MA) mengabulkan peninjauan ulang yang diajukan pihak perusahaan sehingga tambang emas dan tembaga tersebut, bebas dari kewajiban pembayaran pajak air permukaan.

"Kalau sudah bicara nominal itu buka ranah dewan lagi. Kami hanya mengumpulkan data. Ibaratnya hanya buka pintu. Eksekusinya di pihak eksekutif. Kami hanya berikan dukungan dari sisi politik," ucapnya. (*) 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top