Follow our news chanel

Masih banyak OAP belum nikmati rumah yang layak

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Kendati Pemerintah Papua melalui dinas terkait sudah membangun 13 riibu rumah di beberapa daerah, namun bisa dipastikan masih banyak Orang Asli Papua (OAP) yang belum menikmati rumah yang layak huni.

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Politik Papua, Simeon Itlay mengatakan untuk mewujudkan hunian yang layak bagi seluruh masyarakat, diperlukan sinergitas antara pemerintah pusat, daerah dan pelaku yang bergiat dalam pembangunan perumahan dan kawasan permukiman.

"Urusan perumahan merupakan salah satu pelayanan dasar yang wajib dilakukan pemerintah daerah. Dengan demikian, pemerintah daerah memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan perumahan dan kawasan pemukiman," kata Itlay saat sosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang perumahan dan pemukiman, di Jayapura, Selasa (23/10/2018).

Dirinya juga meminta Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk menerbitkan aturan yang mewajibkan seluruh bangunan (perumahan, gedung perkantoran serta pertokoan), memasang ornamen budaya Papua atau menurut karakteristik wilayah.

"Ini sangat penting dilakukan, mengingat sebagian besar orang menyampaikan kepada saya, ketika mengunjungi Bumi Cenderawasih seperti tak berasa ada di Papua. Hal ini berbeda ketika berkunjung ke Bali dan Jogja," ujarnya. 

Menanggapi itu, Simeon Itlay berharap ke depan model bangunan di provinsi, kabupaten dan kota di Papua sudah  bisa mengedepankan karakteristik atau identitas wilayah setempat.

Loading...
;

"Saya lahir di Lembah Baliem Kabupaten Jayawijaya, dan masih sempat merasakan kebudayaan masyarakat pegunungan pada beberapa tahun terakhir. Hanya saja, keaslian bangunan mulai dihiasai dengan bangunan-bangunan modern, salah satunya Bandara Jayawijaya yang tak lagi mencerminkan budaya asli," katanya.

Secara terpisah, Yonathan Sunggono, warga Kelapa Dua Entrop, Kota Jayapura mengaku pemberlakukan pemasangan ornamen khas Papua sudah diberlakukan oleh Pemerintah Kota Jayapura. Bahkan untuk wujudkan itu, seluruh pemilik rumah, ruko, dan kantor telah diimbau.

"Beberapa waktu lalu memang kami pemilik bangunan diundang Satpol PP Kota terkait pemberlakukan perda tentang pemasangan ornamen Papua di setiap gedung. Pada dasarnya kami sangat setuju, karena itu memang ciri khas yang harus ditonjolkan," kata Yonathan. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top