Maskapai Virgin Australia Kembali Terbang ke Vanuatu

Pesawat Virgin Australia - RNZ / Alexander Robertson
Pesawat Virgin Australia – RNZ / Alexander Robertson

Jayapura, Jubi – Maskapai penerbangan Virgin Australia kembali melayani rute dari dan ke Vanuatu setelah landasan bandara Bauerfield di Port Vila, Vanuatu dinyatakan aman untuk digunakan. Virgin Australia adalah maskapai pertama yang kembali terbang ke Vanuatu setelah satu minggu mereka berhenti melayani rute tersebut.

Dua maskapai lainnya, yaitu Air New Zealand dan Qantas masih menghentikan operasinya ke Vanuatu karena alasan yang sama. Dilansir oleh radionz.co.nz pada Sabtu, 5 Agustus 2016, kedua maskapai di atas masih belum yakin akan keamanan landasan di bandara internasional Vanuatu tersebut.

Kerusakan yang terjadi di bandara itu bukan pertamakali. Pekan lalu, beberapa titik di landasan mengalami retak lagi setelah diperbaiki tiga bulan lalu. Januari lalu, Air New Zealand dan Qantas langsung menghentikan layanan rute dari dan ke Vanuatu karena alasan keamanan. Hingga kini, kedua maskapai tersebut masih belum membuka kembali rute tersebut.

Karena banyaknya maskapai yang menghentikan operasinya ke Vanuatu, pihak bandara mulai memperbaiki landasan yang rusak.

“Perbaikan sementara telah dilakukan dengan cara memperbaiki permukaan dan batas landasan yang retak-retak,” tulis dailypost.vu.

Perbaikan ini diperkirakan bisa bertahan hingga tahun depan. Sementara, perbaikan permanen yang juga sedang dilakukan bagi seluruh landasan akan bertahan hingga 20 tahun mendatang. Untuk perbaikan landasan, pemerintah mulai melakukan upara renegosiasi pinjaman ke Bank Dunia. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top