HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Massa suarakan penolakkan pencalonan Non-OAP di pilkada

Anggota KPU Merauke Rosiana Kebubun (kiri) saat menerima aksi unjuk rasa, Senin (3/2/2020) - Jubi/Frans L Kobun.
Massa suarakan penolakkan pencalonan Non-OAP di pilkada 1 i Papua
Unjuk rasa di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merauke, Senin (3/2/2020) – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Solidaritas Pemuda-Mahasiswa dan Masyarakat Merauke berunjuk rasa di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Senin (3/2/2020). Mereka menolak rencana pencalonan terhadap figur Non-Papua pada pemilihan kepala daerah.

“Kami tolak dengan tegas (pencalonan terhadap Non-Papua). Ini adalah Tanah Marind. Jadi, berikan kesempatan kepada OAP (Orang Asli Papua) bertarung dalam pilkada,” kata koordinator pengunjuk rasa Kosmas Kua.

Massa suarakan penolakkan pencalonan Non-OAP di pilkada 2 i Papua

Para demonstran sebelumnya bergerak dari Tugu Pepera yang dijadikan sebagai titik permulaan aksi. Mereka kemudian melintasi Jalan Raya Mandala untuk menuju Kantor KPU Merauke. Berbagai orasi dikumandangkan oleh para pengunjuk rasa di sepanjang perjalanan.

Aksi sempat memanas saat massa memaksa bertemu Ketua KPU Merauke Maria Theresia Mahuze. Namun, keinginan tersebut tidak bisa dipenuhi lantaran Mahuze sedang berdinas di luar daerah.

Massa aksi akhirnya hanya diterima anggota KPU Merauke. Sejumlah protes pun dilancarkan bahkan mereka mengancam membakar ban di jalan.

Ketegangan baru mereda setelah kedua belah pihak bernegosiasi. Massa bersedia menerima dan menyimak penjelasan dari anggota KPU Merauke Rosiana Kebubun.

Loading...
;

Aksi kemudian berlanjut ke Kantor DPRD Merauke. Massa pun berdialog dengan wakil rakyat di halaman Kantor DPRD Merauke.

Unjuk rasa Solidaritas Pemuda-Mahasiswa dan Masyarakat Merauke mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Mereka berjaga-jaga di sejumlah lokasi maupun pusat aksi.

“Tidak ada vandalisme selama aksi berlangsung. Para demonstran menyampaikan aspirasi mereka dengan santun (tertib),” kata Wakil Kepala Polres Merauke Kompol YS Kadang. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top