Masyarakat Deiyai peringatkan Bawaslu dan KPU tak manipuasi suara

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Forum Peduli Demokrasi Rakyat Kabupaten Deiyai memberi peringatan keras kepada Bawaslu Provinsi dan Pusat untuk tidak melakukan manipulasi suara dalam Pemilu. Peringatan ini disuarakan masyarakat setelah adanya dugaan manipulasi data untuk mendukung calon tertentu pada Pemilihan Kepala Daerah beberapa waktu lalu.

Atas dugaan ini, telah dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) oleh KPU. Hasilnya, Aten Edowai ditetapkan sebagai Bupati terpilih Kabupaten Deiyai dengan perolehan suara sebanyak 3.803 suara pada Pemungutan Suara Ulang 16 Oktober 2018. Sementara Paslon lain yakni Inarius Douw hanya mendapat 1.570 suara.

Yulian Mote Ketua Pemuda Kabupaten Deiyai mengatakan, dengan hasil ini, pihanya meminta kepada KPU dan Bawaslu Kabupaten segera mengambil keputusan sesuai hasil PSU pada 16 Oktober 2018.

"Kami minta seluruh lembaga tertinggi untuk mengakui hasil perolehan suara dari empat kandidat di lapangan," tegasnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Provinsi Papua Metusalak Infandi, saat menerima masa aksi di depan kantor Bawaslu mengatakan Bawaslu dan KPU provinsi tidak punya kepentingan apapun terhadap pilkada Kabupaten Deiyai. Pihaknya sudah berkomitmen untuk menyelengarakan serta mengawasi jalannya Pilkada Deiyai dengan sukses dan tertib.

"Hasil apapun yang terjadi di Deiyai, pleno apapun di tingkat kabupaten sampai dengan putusan akhir di MK, kami Bawaslu, KPU provinsi tidak punya kewenangan untuk mengubah apalagi menentukan siapa pemenangnya," katanya.

Loading...
;

Bawaslu hanya bertugas melakukan pleno rekapan suara dari Bawaslu dan KPU kabupaten lalu mengawasi sesuai dengan hukum di Indonesia. Yang berhak memutuskan adalah Mahkamah Konstitusi.

"Masyarakat sebagai anak adat harus kawal hasil dengan baik agar pesta demokrasi yang dilakukan rakyat Deiyai murni sampai dengan putusan hasil akhir," katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top