Follow our news chanel

Masyarakat Demta terima bantuan rumah sementara

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Bencana banjir yang terjadi pada 2 Februari 2018 lalu di Distrik Demta Kabupaten, mengakibatkan puluhan warga kehilangan tempat tinggal dan harta benda.

Secara khusus di Kampung Ambora, fasilitas pendidikan, gedung serbaguna, dan puluhan rumah tertimbun longsoran tanah.

Jumat (7/6/2018) pekan lalu, Pemerintah Jaapura meresmikan sejumlah rumah layak huni yang sifatnya sementara di Kampung Ambora Distrik Demta.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, pada kesempatan itu mengatakan bencana yang terjadi pada Februari lalu, sama sekali tidak diinginkan oleh kita semua.

Bahkan, semua orang yang tinggal di Distrik Demta dan sekitarnya tidak pernah tahu akan ada bencana seperti ini.

Pastinya masyarakat dis ini bertanya-tanya kenapa harus di Ambora bencananya, bukan di tempat lain. Ini semua rencana Tuhan dalam kehidupan kita.

Loading...
;

“Bantuan yang diberikan ini sifatnya sementara dan akan dipikirkan lagi oleh pemerinta daerah,” ujar Bupati Awoitauw, di Kampung Ambora Distrik Demta, Jumat (7/6/2018).

Bupati berharap masyarakat yang menerima bantuan ini selalu mengandalkan Tuhan dalam seluruh aktivitas kehidupan mereka. Karena hanya Tuhan satu-satunya tempat kita semua berserah dan berharap belas kasih-Nya.

“Semua kita yang ada di sini mempunyai keterbatasan, termasuk pemerintah daerah. Oleh sebab itu hanya Tuhan satu-satunya sumber segala berkat yang dapat menolong kita semua,” jelasnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura, Sumartono, dalam laporannya mengatakan dampak bencana yang terjadi Februari lalu mengakibatkan enam titik jalan Demta-Sentani rusak, dua jembatan rusak parah, satu sekolah tertimbun tanah longsor, dua rumah guru rusak, dan sebuah gedung serbaguna rusak.

“Paska bencana upaya yang dilakukan adalah malakukan koordinasi dengan semua pihak untuk pembangunan posko serta melaksanakan pembersiahan di tempat-tempat yang terkena bencana,” katanya.

BPBD juga memberikan bantuan logistik yakni membangun barak untuk hunian sementara sebanyak 34 unit.

“Hunian sementara ini akan ditinggali oleh warga yang benar-benr terkena bencana. Sementara upaya lain yang dikerjakan adalah membangun kembali rumah-rumah permanen warga termasuk perbaikan jalan dan jembatan,” ungkapnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top