Follow our news chanel

Previous
Next

Masyarakat dirikan yayasan untuk jaga kelestarian Taman Nasional Lorentz

Pendiri Yayasan Taman Lorentz bersama sejumlah masyarakat setelah pengucapan syukur. - Jubi/Islami

Papua No.1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Merasa prihatin dan takut akan pencemaran di sekitar Taman Nasional Lorentz, masyarakat pemilik ulayat mendirikan yayasan untuk menjaga kelestarian taman nasional tersebut.

Pendiri Yayasan Taman Nasional Lorentz Habema-Trikora, Mekky Yeimo mengatakan, hadirnya yayasan tersebut setelah melihat adanya pembangunan jalan Trans Papua Wamena-Nduga yang melewati wilayah taman nasional, sebab jalur darat tersebut mulai tercemar dengan sampah plastik dan ditakutkan akan merusak ekosistem yang ada di taman nasional.

“Yayasan ini hadir dari ide masyarakat pemilik ulayat untuk menjaga dan melestarikan seluruh ekosistem yang ada, karena sejauh ini kondisinya mulai tercemar,” katanya, kepada wartawan setelah pengucapan syukur di Sekretariat Yayasan Taman Nasional Lorentz di Jalan Yos Sudarso Wamena, Kamis (17/9/2020).

Kata Yeimo, dengan berdirinya yayasan ini masyarakat pemilik ulayat akan mencoba membenahi kerusakan yang terjadi dengan melakukan penanaman pohon lagi di lokasi yang gundul.

“Taman Nasional Lorentz ini akan dikelola dan dijaga oleh masyarakat lokal pemilik ulayat, jangan sampai terjadi kerusakan dan pencemaran yang semakin parah di seputar taman nasional,” katanya.

Setelah meresmikan yayasan tersebut, kata Yeimo, ke depan pihaknya akan mencoba membangun komunikasi dengan pemerintah daerah, kementerian maupun Balai Taman Nasional Lorentz untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan taman nasional.

Loading...
;

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jayawijaya, Hendri Tetelepta, menyampaikan kehadiran yayasan tersebut dapat membantu pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, guna menjaga kelestarian taman nasional.

“Taman Nasional Lorentz merupakan salah satu paru-paru dunia, layak dijaga dan dilestarikan keasrian ekosistem yang ada, baik itu flora maupun fauna. Pemerintah daerah harap kehadiran yayasan dapat bermitra, bekerja sama dengan semua pihak baik dinas pertanian, kehutanan, guna berkolaborasi melestarikan taman nasional,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top