Follow our news chanel

Previous
Next

Masyarakat Kampung Abar kembali gelar Festival Makan Papeda

Para tamu saat menikmati papeda yang dibuat di sempe - Jubi/Yance Wenda
Masyarakat Kampung Abar kembali gelar Festival Makan Papeda 1 i Papua
Para tamu saat menikmati papeda yang dibuat di sempe – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Festival Makan Papeda yang dalam bahasa Sentani disebut dengan Helam Mbai Hotem Mbai, untuk ketiga kalinya digelar di Kampung Abar Kabupaten Jayapura.

Para perempuan di kampung ini memiliki cara khas membuat sempe untuk digunakan memutar papeda. Masyarakat dan Ondo Kampung Abar menetapkan 30 September sebagai pelaksaan Festival Makan Papeda, agar budaya makan papeda di sempe terus dijaga oleh generasi saat ini.

“Dari 139 kampung dan lima kelurahan di Kabupaten Jayapura, pembuatan bahan baku gerabah satu-satunya hanya di Kampung Abar. Kampung Abar juga menjadi salah satu kampung pariwisata di Kabupaten Jayapura. Kalo Asei dengan kerajian kulit kayu, Kampung Abar dengan kerajinan gerabah,” jelas Ondo Kampung Abar, Korneles Doyapo, dalam sambutannya saat membuka festival, Selasa (1/10/2019).

Helam mbai Hotem mbai digelar dengan tujuan agar nilai-nilai budaya di Kampung Abar tetap terjaga di zaman yang semakin berubah ini.

“Tujuan supaya budaya asing dan benda-benda pabrik tidak mengeser budaya makan papeda di sempe dengan mengganti dengan bokor plastik,” jelas Korneles.

Selain itu, kata Korneles, dengan digelar festival makan papeda atau Helam mbai Hotem mbai menunjukkan bahwa nilai budaya makan papeda di sempe itu masih tetap terjaga.

Loading...
;

“Dengan diadakannya festival ini kami tunjukkan pada generasi sekarang kalau makan papeda yang sebenarnya itu bukan di bokor tapi di sempe,” katanya.

Ondo Abar ia juga berharap selain Festival Danau Sentani, Festival Sagu di Toware, Festival Teluk Tanah Merah, dan Festival Makan Papeda atau Helam mbai Hotem mbai ini bisa disediakan anggaran dari pemerintah daerah.

“Kalau bisa dianggarkan di Bipa pada tahun angaran berikut di Kabupaten Jayapura. Itu permintaan dari seluruh warga Kampung Abar. Kegiatan ini dapat berlangsung karena dukungan dari Carles Toto Junggle Chef, Papua Tour Community, CPA Hirosi, Pemkab Jayapura, Dinas Pariwisata Provinisi Papua. Mereka yang turut membantu dan kegiatan ini dapat terlaksana,” ucap Korneles Doyapo.

Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, mengatakan pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan turut bangga dengan terlaksananya festival makan papeda yang tahun ini adalah pelaksanaan yang ketiga.

“Ini merupakan satu penghormatan bagi kita karena festival (Helam mbai Hotem mbai) atau makan papeda yang ketiga ini akan memberikan sumbangsih yang besar terhadap pembinaan dan pelayan bagi segenap unsur masyarakat dalam aspek-aspek pembangunan di Kabupaten Jayapura, khususnya di sektor perekonomian dan pariwisata,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top