Follow our news chanel

Masyarakat Nifasi adukan konflik pertambangan pada anggota Wakil Ketua Komisi I DPR RI

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Nabire, Jubi – Masyarakat Kampung Nifasi, Kabupaten Nabire, menyampaikan aspirasi dan keluhan kepada Wakil Ketua Komisi I DPR RI , Hanafi Rais terkait konflik pertambangan emas di tanah ulayat mereka, yakni antara PT. Kristalin dan PT. TAP, Sabtu (11/2/2017)

Seorang warga Nifasi, Maurist Money mengatakan sepengetahuan mereka, Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah pelindung rakyat. Tetapi di kampungnya ada oknum TNI yang menciptakan konflik pada rakyat.

“Memang mereka (oknum TNI) sudah tidak ada di areal kami, tetapi kami merasa masih ada cara – cara yang dilakukan agar mereka masuk lagi,” katanya.

Maurits menjelaskan, masyarakat kampung tidak menolak aparat negara manapun bertugas di daerahnya, tetapi masyarakat tidak mau jika kehadiran oknum tersebut membuat masalah.

“Kami tidak ingin kehadiran mereka hanya untuk merusak apa yang selama ini kami bangun dan rasakan dengan kehadiran perusahaan yang telah kami setujui,” ujarnya.

Kepala suku waee Alex Raiki meminta Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hanafi Rais agar selaku wakil rakyat agar membela masyarakatnya.

Loading...
;

“Saya berharap Pak Hanafi sebagai wakil kami membantu dan memperjuangkan aspirasi kami,” pintanya.

Ia juga meminta perusahaan PT. TAP yang mereka setujui beroperasi di tanah milik mereka agar selalu memperhatikan masyarakat kampung Nifasi.

“Apa yang sudah dilakukan selama ini. Agar terus dipertahankan. Masyarakat sudah nyaman bersama PT. TAP. Karena perusahaan ini telah menjamin kehidupan yang layak. Selaku kepala suku kami tidak ingin ada yang merusak,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI , Hanafi Rais mengatakan sudah menjadi tugasnya untuk melakukan pengawasan, sebagai mitra kerja dari pemerintah, TNI atau Polri.

“Jagi apabila TNI/POLRI yang tidak berjalan fungsinya sesuai dengan undang – undang, kami akan ingatkan. patokan kita bukan patokan yang tidak jelas, tetapi ukuran yang jelas yaitu Undang Undang. Dan tugas pokok TNI itu adalah Operasi militer dan operasi selain perang,” ujarnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top