Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Masyarakat Sota kembangkan vanili di lahan 15 hektar

Masyarakat sedang melakukan pembibitan stek vanili – Jubi/IST 
Masyarakat Sota kembangkan vanili di lahan 15 hektar 1 i Papua
Masyarakat sedang melakukan pembibitan stek vanili – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Kapolsek Sota, Iptu Ma’aruf, mengungkapkan saat ini dirinya sedang melakukan pendampingan terhadap masyarakat di Kampung Sota untuk pengembangan tanaman vanili. Meskipun pengembangan tak fokus di satu tempat, namun lahan yang dibuka sekitar 15 hektar.

“Ketuanya adalah Petrus Ndiken. Tugas dia mengkoordinir anak-anak muda serta masyarakat setempat,” ujar Iptu Ma’aruf, kepada Jubi Jubi Jumat (29/3/2019).

Masyarakat Sota kembangkan vanili di lahan 15 hektar 2 i Papua

Dijekaskan, ada satu kelompok dibentuk dengan jumlah sekitar 31 orang untuk mengembangkan tanaman vanili.

Saat ini, lanjut dia, masih dilakukan pembukaan lahan serta pembibitan. Bibitnya didapatkan dari salah seorang warga setempat yang sudah lama mengembangkannya.

“Saya melihat vanili memiliki prospek sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Olehnya, anak muda bersama sejumlah masyarakat setempat dirangkul guna menanam tanaman itu,” katanya.

Dikatakan, struktur tanah di Sota sangat bagus untuk mengembangkan  tanaman jenis vanili.

Loading...
;

“Sudah ada warga di Kampung Sota menanam beberapa tahun silam dan kini hasilnya sedang dinikmati. Sudah bisa dipanen dan dijual,” ujarnya.

Ditambahkan, setiap hari dirinya bersama Babinsa terus melakukan pendampingan kepada masyarakat untuk membuka lahan sekaligus penyemaian bibit vanili. Intinya, mereka sangat termotivasi bekerja untuk memanfaatkan lahan miliknya mengembangkan.

Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bahara Marpaung, meminta kepada Kapolsek Sota terus melakukan pendampingan terhadap masyarakat lokal setempat dalam  mengembangkan berbagai usaha pertanian mulai dari vanili, sayur-sayuran, dan lain-lain.

“Saya sudah mendapatkan laporan kalau Pak Ma’aruf sedang bersama masyarakat mengolah lahan untuk menanam vanili. Tentunya ini hal positif yang terus dilakukan,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top