Memasuki Ramadan, harga bawang di Pasar Kalibobo Nabire naik

Memasuki Ramadan, harga bawang di Pasar Kalibobo Nabire naik 1 i Papua
Bawang dagangan  di Pasar Kalibobo Nabire – Jubi/Titus Ruban.

Nabire, Jubi – Memasuki bulan Ramadan, harga bawang merah dan bawang putih di pasar Kalibobo Nabire merangkak naik. Harga ini diklaim pedagang di pasar tersebut sudah lama naik. Pedagang pun khawatir jika lambatnya salah satu kapal penumpang yang masuk di Nabire harga akan naik lagi.

Salah satu pedagang bawang, Sumarni, mengatakan naiknya harga akibat lambatnya Kapal KM Labobar yang sudah dua minggu belum masuk di pelabuhan Nabire.

“Sebab bawang yang didatangkan saat ini berpindah – pindah kapal (tidak langsung),” ujarnya di Nabire. Minggu (05/05/2019).

Dikatakan Sumarni, untuk bawang merah saat ini tercatat senilai Rp 60 ribu sedangkan harga normal hanya Rp 40 ribu. Sementara bawang putih Rp70 ribu dari harga sebelumnya Rp 35 ribu.

“Kita belinya Rp 50 ribu untuk bawang merah dan bawang putih Rp 60. Tapi kalau turun harga biasanya bawang putih terendah yaitu Rp35 ribu,” jelas dia.

Sumarni khawatir jika kapal yang mengangkut bawang tersebut masih belum masuk di Nabire. Imbasnya harga akan naik saat lebaran nanti.

“Kalau kapal Labobar lama masuk kami khawatir lebaran nanti harga masih bisa naik lagi karena iutu tadi. Bawang ini pindah – pindah kapal, ada pengaruh di ongkos kirimnya,” terangnya.

Loading...
;

Murni, pedagang lainnya mengatakan keuntungan dari penjualan bawang hanya berkisar Rp 5 – 10 ribu per kilonya. Diapun berharap agar secepatnya ada pengiriman bawang ke Nabire agar stok selalu ada saat mamasuki Lebaran nanti.

“Intinya kami harap semoga kapal lancar dan masuk hari raya ada stok barang,” harapnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top