Follow our news chanel

Menakar peluang Persipura atas Madura United

Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago saat memimpin latihan tim di Stadion Mandala, Jayapura – Jubi/Media Officer Persipura.
Menakar peluang Persipura atas Madura United 1 i Papua
Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago saat memimpin latihan tim di Stadion Mandala, Jayapura – Jubi/Media Officer Persipura.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Memasuki pekan ke delapan kompetisi Shopee Liga 1, 2019 hanya ada dua klub yang belum pernah meraih kemenangan. Dua klub tersebut adalah Persipura Jayapura dan Semen Padang FC.

Persipura sendiri, dari tujuh laga yang sudah dijalani, hanya mampu bermain imbang tiga kali dan selebihnya mengalami kekalahan. Dengan begitu Mutiara Hitam julukan Persipura Jayapura masih betah di zona degradasi atau berada di posisi 17 klasemen sementara, sedangkan Semen Padang FC adalah juru kunci klasemen.

Persipura, semenjak ditinggal pelatih terdahulu Luciano Leandro kurang memuaskan di lima laga. Tongkat estafet pun jatuh ke tangan pelatih kiper Alan Haviluddin. Namun ditangan mantan pelatih kiper Timnas Indonesia tersebut, Persipura malah semakin buruk.

Tak ingin berlama-lama di zona degradasi, manajemen pun memanggil pulang Jacksen F. Tiago sebagai suksesor baru bagi klub yang telah mengemas empat gelar juara tersebut. Namun, ujian terbesar dari JFT adalah menghadapi Madura United pada Selasa  (16/7/2019) di Stadion Mandala Jayapura.

Madura United sendiri kini berada di posisi tiga klasemen sementara, dengan enam laga yang telah dijalani. Menghadapi Persipura maka menjadi tujuh laga bagi Laskar Sape Kerap julukan Madura United. Dari enam laga tersebut, Madura United berhasil meraih empat kali kemenangan, dua kali hasil imbang dan belum pernah menyentuh kekalahan.

Skuad Madura United juga diisi oleh beberapa pemain Papua diantaranya David Laly, Fandri Imbiri, Engelbet Sani, dan Marco Meraudje. David Laly dan Fandri Imbiri merupakan mantan pemain Persipura, selain itu ada Alberto Goncalves, pemain naturalisasi asal Brasil tersebut juga pernah menjadi ujung tombak Persipura dan pernah mencicipi gelar pribadi di Persipura sebagai top scorer bersama Boaz Solossa.

Loading...
;

Aura kebangkitan Persipura pun mulai terasa sekembalinya JFT. Banyak kalangan menilai bahwa kembalinya JFT ke Persipura akan membawa dampak positif. JFT dinilai sangat mengenal karakter bermain Persipura. Selain itu, JFT juga pernah sukses mengantarkan Persipura juara tiga kali Liga Indonesia dan tiga kali meraih gelar juara turnamen pra musim.

Kedatangan Madura United ke Jayapura tidak menyertakan gelandang serba bisa yaitu Zah Rahan Kranggar yang mengalami cidera. Angin segar pun berhembus untuk keuntungan Persipura. Pasalnya Zah Rahan pemain  asal Liberia merupakan salah satu gelandang terbaik di Indonesia. Zah Rahan juga pernah merumput bersama Persipura dan meraih gelar juara.

Apakah Persipura mampu menjadikan dirinya sebagai tim pertama mengalahkan Madura United, ataukah Madura United menjadi tim kesekian membatalkan kemenangan perdana Persipura dihadapan pendukungnya sendiri?

Dilihat dari tren positif penyambutan JFT oleh masyarakat dan Persipura Mania beberapa hari lalu, JFT dipastikan tak mau kehilangan air muka di depan pendukung fanatik Persipura. Ia dipastikan mengeluarkan segala kemampuannya untuk meraih kemenangan perdananya sebagai pelatih di kompetisi tahun ini.

Pasalnya, JFT sama sekali belum meraih kemenangan bersama tim terdahulunya Barito Putra. Selain itu, JFT terpacu karena mantan timnya baru saja meraih kemenangan perdana atas Bali United. Artinya, Barito Putra baru merasakan kemenangan setelah ditinggal JFT.

“Saya akan bekerja sungguh-sungguh di sini, dan saya datang ke sini bukan karena saya pernah sukses di sini. Saya mohon doa kepada masyarakat Papua untuk laga besok, somoga kita bisa meraih kemenangan perdana,” kata pelatih kepala Persipura Jacksen Tiago kepada Jubi, Senin (15/7/2019) di Jayapura.

Kemistri antara pemain dan sang pelatih sudah terjalin lama sejak 2008 silam, dan JFT yakin, dalam laga esok, Persipura dapat menampilkan permainan terbaik yang selama ini hilang bak ditelan bumi.

“Saya dan pemain sudah menemukan bentuk permainan walau pertemuan kami baru tiga kali. Pemain sudah rindu kemenangan, dan besok kami berharap kemenangan tersebut berpihak kepada kami,” ujarnya.

Mantan asisten pelatih Persipura Jayapura Mettu Dwaramuri kepada Jubi melalui sambungan telepon selularnya mengatakan, kehadiran JFT membawa angin segar bagi masyarakat Papua khususnya masyarakat Kota Jayapura yang menginginkan sebuah perubahan di tubuh Persipura.

“Dia pernah melatih Persipura dan saya pernah bekerjasama dengan dia (JFT). Saya yakin, dia bisa melakukan beberapa perubahan di tim Persipura. Perubahan itu bukan datang dari dia tetapi perubahan itu dilakukan bersama-sama dalam tim. Saya berharap semua pemain mendukung apa yang dilakukan oleh Jacksen di tim Persipura,” ujar Mettu. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top