Follow our news chanel

Previous
Next

Mendagri Vanuatu tegur LSM

Menteri Dalam Negeri Vanuatu, Andrew Napuat. - DVU
Mendagri Vanuatu tegur LSM 1 i Papua
Menteri Dalam Negeri Vanuatu, Andrew Napuat. – DVU

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Pemerintah Vanuatu tidak akan menoleransi organisasi-organisasi asing yang campur tangan dalam persoalan politik negara itu.

Ini adalah peringatan yang diungkapkan oleh Menteri Dalam Negeri, Andrew Napuat, dimana kementeriannya juga bertanggung jawab untuk mengawasi LSM di negara itu.

Menteri Napuat mengeluarkan pernyataan tegas itu pada Rabu (30/10/2019), sebagai tanggapan atas kekhawatiran Dewan Perempuan Nasional Vanuatu (Vanuatu National Council of Women; VNCW) dan beberapa orang lainnya yang telah mengungkapkan keprihatinan mereka, atas dugaan keterlibatan Oxfam dalam kampanye perempuan ‘Vot Woman’, untuk mendorong naiknya keterwakilan perempuan di parlemen.

Menurut Napuat, “Oxfam telah melewati batas mereka dengan mencampuri urusan politik bangsa ini. Vanuatu adalah negara yang demokratis, dan orang-orang memiliki hak untuk menyuarakan keprihatinan mereka kepada pemerintah, tentang persoalan apa pun yang mereka rasa penting bagi mereka.”

Menteri Napuat menekankan bahwa saat ini sudah ada mekanisme dan prosedur bagi perempuan, yang dapat diikuti untuk menindaklanjuti isu yang mereka hadapi ke otoritas terkait.

Napuat membenarkan ia didekati oleh VNCW, organisasi perempuan nasional utama di Vanuatu, yang khawatir dengan peran Oxfam dalam kampanye itu dan protes damai baru-baru ini yang mendesak RUU alokasi 50% perwakilan perempuan di Parlemen.

Loading...
;

“Kita perlu menghormati keputusan VNCW, karena ia adalah badan yang diakui dan diamanatkan oleh Pemerintah untuk mengawasi urusan perempuan di Vanuatu. Sudah jelas, dan semua orang tahu bahwa isu ini dimulai oleh sebuah LSM. Sudah jelas, kalau ini bukan masalah mendesak yang diperjuangkan perempuan. Kaum perempuan Vanuatu sudah tahu kapan mereka harus membawa masalah ini ke hadapan pemerintah nasional. Jika ini adalah masalah kepentingan nasional, maka masyarakat Vanuatu harus membahas masalah tersebut dengan Pemerintah.

“Kita tidak dapat menerima LSM-LSM asing yang datang dan terlibat dengan masalah politik negara ini.”

Napuat menegaskan fakta bahwa Oxfam telah melakukan banyak pekerjaan di bidang lain, untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Vanuatu.

Menteri Napuat menambahkan Petugas LSM di Kementerian Dalam Negeri sudah tahu mengenai masalah itu. (Daily Post Vanuatu)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top