HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Mengucurkan uang puluhan milyaran, jurus Pemkab Jayapura menangani Covid-19

Uang Milyaran di Sentani
Bantuan dana ketahanan pangan sebesar Rp 100 juta kepada Kepala Kampung oleh Bupati Bupati Jayapura, Provinsi Papua. Jubi -Engelbert Wally
Uang Milyaran di Sentani
Pemberian bantuan dana ketahanan pangan sebesar 100 juta kepada Kepala Kampung oleh Bupati Bupati Jayapura belum lama ini. Jubi – Engelbert Wally

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura punya jurus atau kiat tersendiri dalam penanganan Covid-19 dengan menyalurkan dana segar sebesar Rp28,8 miliar diperuntukan kepada 139 Kampung, 5 Kelurahan yang tersebar di 19 Distrik.

Mengucurkan uang puluhan milyaran, jurus Pemkab Jayapura menangani Covid-19 1 i Papua

Dana tersebut dibagi dalam dua tahap. Pertama sebanyak Rp14,4 miliar buat program pencegahan, dan tahap kedua senilai Rp14,4 miliar sebagai program ketahanan pangan.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menjelaskan, pemberian dana tahap awal kepada setiap Kampung sebesar Rp100 juta dari Alokasi Dana Desa (ADD) untuk program pencegahan digunakan membeli sabun cuci tangan, sabun mandi, dan sebagian untuk sembako serta operasional kampung dalam pembentukan tim gugus tugas tingkat Kampung.

Dana tahap kedua, kata Awoitauw, untuk program ketahanan pangan. Jumlah dana sama besar Rp100 juta, ditambah sembako. Menjadi bekal bagi masyarakat untuk kembali berkebun, mengelolah potensi sumber daya alam yang dimiliki, baik itu pertanian, hasil laut, dusun sagu, serta kearifan lokal lainnya yang dapat digunakan sebagai sumber ketahanan pangan mereka di Kampung masing-masing.

“Antusias warga masyarakat cukup baik dalam mengikuti semua aturan yang diberlakukan di masa Covid-19 ini,” jelas Bupati Awoitauw di Sentani. Kamis (28/5/2020).

Loading...
;

Meskipun masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, bupati dua periode ini cukup optimis dengan kinerja tim gugus tugas serta masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang secara rutin dan nonstop melakukan sosilisasi, pengawasan serta penanganan terhadap penyebaran virus yang mematikan ini.

Pada tahap awal sebagai program pencegahan setelah jalur transportasi udara dan laut ditutup untuk penumpang, ada bantuan dana dan sembako. Tim Gugus Tugas bersama sejumlah OPD telah mencetak dan mendistribusikan alat pelindung diri (APD) berupa masker berbagai jenis ke-19 distrik.

Selain itu, wilayah eks pasar lama dari hasil pemetaan tim medis, kompleks jalan Mambruk dan jalan Mahkal telah dikarantina selam 14 hari. Delapan Rukun Wilayah (RW) yang saling berbatasan pada Kelurahan Dobonsolo dan Kelurahan Hinekombe telah mengikuti rapid test.

“Infografis per 27 mei 2020, ada 66 kasus postif yang ditemukan di kabupaten jayapura, distrik sentani dengan 54 kasus, kelurahan hinekombe 9 kasus, kelurahan dobonsolo 41 kasus. Distrik sentani timur 2 kasus, distrik waibhu 7 kasus, distrik sentani barat 2 kasus, dan distrik demta 1 kasus,” ungkap Mathius.

Pada program ketahanan pangan, lanjut Awoitauw, masyarakat setiap Kampung setelah mendapatkan bantuan sebagai bekal (dana dan sembako), diharapkan untuk kembali berkebun dan mengelolah hasil sumber daya alam yang dimiliki.

“Dinas terkait sudah kami perintahkan untuk tetap memberikan dukungan penuh terhadap upaya dan usaha yang dilakukan oleh masyarakat di masing-masing Kampung,” ujarnya.

Dinas pertanian bersiaga dengan dukungan bibit serta peralatan pertanian yang dibutuhkan oleh kelompok-kelompok tani. Dinas perikanan dan kelautan telah menyalurkan 80 ribu liter bahan bakar minyak bagi puluhan kelompok nelayan di wilayah pesisir.

Dinas Koperasi UMKM, Perindag, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, melaksanakan tugas-tugas pemberdayaan masyarakat melalui alokasi dana yang diterima di masing-masing kampung dengan sisitem padat karya.

Sementara Dinas Pendidikan dan Komunikasi dan Informatika membuat program pendidikan berbasis online melalui program siaran Kenambai Umbai belajar dengan media radio dan televisi.

Dinas kesehatan setiap hari melakukan promosi kesehatan (Promkes) terkait virus Korona dibantu dengan tim suveilans yang melaksanakan pematauan epidemologi kepada OPD yang terdata dan pemantauan terhadap orang orang yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif covid-19.

“Akumulasi anggaran yang tersedia Rp45 miliar, sudah termasuk bantuan dan dukungan dana dari pemerintah provinsi Papua sebesar Rp4 miliar, dan 2 miliar dari DPRD kabupaten jayapura. Semua penggunaan anggaran dalam penanganan Covid -19 sudah kami koordinasi dan diawasi ketat oleh badan pemeriksa keuangan, dan inspektorat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura, elisa Yarusabra mengatakan, selain bantuan dana 100 juta dalam dua tahapprogram yang diterima oleh masing-masing Kampung yang tersebar di 19 Distrik di Kabupaten Jayapura, dalam waktu dekat akan ada penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang akan diterima langsung oleh 22 ribu Kepala Keluarga di Daerah ini.

BLT ini akan disalurkan untuk 3 bulan pertama terhitung April, Mei dan Juni dengan total masing-masing kepala keluarga akan menerima Rp1,8 juta. Sementara itu untuk jumlah anggaran yang disiapkan untuk program BLT pada tahap pertama ini senilai Rp39 miliar rupiah.

“Kita akan segera salurkan dalam waktu dekat, masing-masing kepala kampung sudah kami minta data penduduk yang sudah diferivikasi lebih dulu,” pungkasnya. (*)

Editor: Jean Bisay

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa