Follow our news chanel

Menlu: Bulan Maret PNG boleh kewarganegaraan ganda

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Aplikasi untuk kewarganegaraan ganda di Papua Nugini segera siap bulan Maret tahun ini.

Menteri Luar Negeri Papua Nugini, Rimbink Pato mengatakan dalam pernyataannya Selasa (14/2/2017) bahwa penetapan tersebut siap setelah pengaturan administratif difinalisasi.

Menurut dia penundaan dalam amandemen legislatif yang disahkan pada akhir tahun 2016 telah selesai dan sudah dapat berlanjut ke langkah-langkah administratif.

“Dwi kewarganegaraan adalah sebuah konsep baru bagi Papua Nugini guna memberi kesempatan baik bagi rakyat kami di tanah air dan di seluruh dunia. Melalui ini warga kami yang terbaik dapat tetap memiliki koneksi dengan tanah air mereka dan tidak dihambat birokrasi,” ujar Pato.

Melalui dwi kewarganegaraan, lanjutnya, PNG akan dapat menarik para pekerja berketerampilan yang akan tinggal dan membangun rumah di PNG serta dapatkembali dengan mudah ke tempat lahir mereka melihat keluarganya.

Pato juga menekankan bahwa kewarganegaraan ganda bukan proses yang otomatis karena pemohon harus menunjukkan pertimbangan kelayakannya sesuai persyaratan.

Loading...
;

Saat ini ada dua kategori orang yang mencari kewarganegaraan: penduduk PNG yang ingin menjadi  warga negara di negara yang ditentukan sambil tetap mempertahankan kewarganegaraan PNGnya; serta penduduk yang menjadi warga negara yang ditentukan itu dan ingin mendapatkan kewarganegaraan ganda PNG.

Negara-negara yang ditentukan tersebut adalah: Australia, Selandia Baru, Fiji, Vanuatu, Samoa, Inggris, dan Amerika Serikat.

Menurut Pato kewarganegaraan tunggal oleh karena naturalisasi masih berlaku dengan membatalkan kewarganegaraan asal dan hanya menjadi warga negara PNG.

Pemerintah sudah menyetujui tarif aplikasi baru bagi yang mendaftar dua kewarganegaraan. Tarif pengajuan kewarganegaraan ganda PNG tertinggi bagi warga negara dari tujuh negara yang ditentukan itu, yakni Kina 15, 000 (US$4,724).(*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top