Menteri ESDM: Jaga Keberadaan Tangguh LNG

Bintuni, Jubi/Antara – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, minta agar keberadaan Tangguh LNG dijaga mengingat perannya selain mampu menggerakkan perekonomian nasional juga mendukung ekonomi masyarakat sekitar dan Papua Barat.

“Pemerintah berkepentingan terhadap perusahaan ini sehingga perlu dijaga. Namun demikian perusahaan juga perlu terus memberikan perhatian sosial kepada masyarakat sekitar, apalagi keberadaannya di wilayah terpencil,” kata Sudirman Said, di Bintuni, Papua Barat, Senin (21/9/2015).

Dia berada di Tangguh LNG untuk melihat secara langsung pengoperasian gas alam cair (LNG) yang merupakan bisnis utama British Petroleum (BP) di Indonesia.

Menurut menteri selama ini kinerja perusahaan itu sudah mampu berjalan cukup baik walau tanpa ada campur tangan penuh dari masyarakat.

Terbukti perusahaan ini sejak beroperasi 2009 telah mengirimkan lebih dari 500 kargo LNG ke pasar lokal dan ekspor ke Asia dan Amerika.

“Saya menilai keberadaan perusahaan ini perlu lebih dimaksimalkan baik dari sisi produktivitas maupun sosial,” katanya.

Menteri mengingatkan pula agar perusahaan memperhatikan kehidupan masyarakat sekitarnya.

Loading...
;

“Untuk itu saya memberikan apresiasi terhadap perusahaan yang telah peduli terhadap masyarakat sekitar seperti dengan peduli masalah infrastruktur, kesehatan dan pendidikan, serta lingkungan hidup,” katanya.

Menurut catatan perusahaan, bekerja sama dengan PLN, Tangguh LNG memberikan dukungan pengadaan listrik di Kabupaten Bintuni dengan kapasitas 4 megawatt.

Dari segi sosial tingkat prevalensi malaria di sejumlah kampung sekitar Tangguh LNG turun dari 23 persen tahun 2000 menjadi 0,26 persen tahun 2014.

Demikian juga tingkat kematian akibat diare di sejumlah kampung sekitar perusahaan turun dari 4,7 persen tahun 2006 menjadi 1,4 tahun 2014.

Tangguh LNG memiliki cadangan sebanyak 16 tcf (triliun kaki kubik) di fase pengembangan dan rata-rata tingkat produksi 1,4 bcfd (miliar kaki kubik per hari). (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top