Follow our news chanel

Menteri Keuangan Samoa ingin ubah aturan investasi asing

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Menteri Keuangan Samoa, Sili Epa Tuioti, meminta pemerintah meninjau kembali aturan menyangkut tipe bisnis seperti apa yang ingin dibuka kepada investasi asing.

Sili mengajukan hal itu sebagai respon pelarangan pendirian bisnis apapun milik Cina di tanah adat Kampung Salelologa

Sebagai anggota parlemen yang mewakili daerah itu, Sili mengatakan dia ada di luar negeri ketika keputusan itu dibuat.

“Saya duga mereka hanya melindungi pebisnis-pebisnis yang merintis di kampung itu sejak lama, dan bisnis ini dimulai sangat kecil dan mereka tidak punya banyak uang, tak seperti bisnis Cina yang besar, jadi isunya saya kira kedai-kedai kecil ini tidak bisa bersaing,” ujar Sili.

Menteri Keuangan itu juga mengatakan isu kepemilikan asing dalam bisnis di kampung-kampung ini penting dibicarakan untuk masa depan. 

“Kita bisa lihat jika bisnis Cina diizinkan terus meluas ke kampung-kampung, maka dalam 30 tahun, tidak akan ada lagi bisnis yang dimiliki orang Samoa.” 

Loading...
;

Dia menganjurkan opsi pebisnis Cina diberi areal khusus untuk melakukan bisnis tertentu di kota.

“Pembicaraan ini penting agar tidak terjadi perseteruan antara orang-orang kita dengan orang Cina. Kita juga perlu berbicara dengan pebisnis CIna soal ini,” ujarnya.

Pebisnis Cina, lanjut Sili, biasa membuka bisnis dari jam 6 pagi sampai tengah malam. Dan hal itu tidak sesuai dengan kebiasaan orang-orang Samoa, walau dia percaya ada hal-hal yang juga bisa dipelajari dari cara berbisnis Cina.

Bupati Sapulu, Tuilimu Manuele Paletasala, mengatakan keputusan itu didukung oleh semua Dewan Kampung.

“Larangan itu meliputi tanah-tanah adat dibawah panduan Dewan Kampung  Salelologa. Namun kami juga memperitmbangkan bahwa banyak tanah di Salelologa menjadi milik pemerintah dan larangan ini tidak meliputi tanah pemerintah,” ujarnya.(*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top